EKONOMI

Diserang Hama Baru, 5 Hektare Padi Warga Desa Motaulun, Malaka Barat Mati

BETUN, Kilastimor.com-Sekira lima hektar tanaman padi milik warga Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat. Malaka, NTT, terancam mati karena diserang penyakit. Warga baru mengetahui serangan itu satu minggu setelah penanaman padi. Padi yang ditanam terlihat berwarna kemerah-merahan dan selanjutnya daunnya mengering.

Maternus Sasi Usfinit

Maternus Sasi Usfinit

Warga Desa Motaulun, Maternus Sasi Usfinit kepada wartawan mengungkapkan, selama ini padi biasa-biasa saja dan baru terjadi musim tanam tahun ini. “Dalam satu petak sawah sekitar 40 sampai 50 persen tanaman petani mati dan berwarna kemerahan. Titik lahan yang terkena serangan di Desa Motaulun kurang lebih 5 hektaran. Itu belum termasuk sawah milik warga Desa Kleseleon dan Haitimuk bagian Wematan,” sebutnya.

“Ada yang bilang kami harus beri pupuk tetapi hasilnya tetap sama dan tanaman tetap mati. Sekarang kami upayakan dengan penyemprotan tetapi hasilnya masih tetap. Kalau dibiarkan maka dampaknya akan semakin meluas pada sawah milik warga lainnya. Kita harapkan ada pengawasan dari Dinas Pertanian Malaka, supaya segera memberikan solusi terkait persoalan yang dihadapi,” sebutnya.

Ini paparnya, jenis serangan hama baru yang dihadapi petani, sehingga perlu diidentifikasi jenis hama, guna diambil solusi yang tepat. (boni)

Baca Juga :   Sekira 600 TKI Asal Malaka Bekerja Secara Legal di Luar Negeri. Kadis Nakertrans Malaka: Ribuan Bekerja Ilegal
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top