RAGAM

Empat Desa di Malaka Terendam Air Hujan

BETUN, Kilastimor.com-Empat desa di Kecamatan Weliman dan Malaka Barat, Malaka, masing-masing Desa Kleseon di Kecamatan Weliman dan Desa Motaulun, Desa Naas serta Desa Maktihan terendam air hujan. Fasilitas umum seperti sekolah dan pemukiman penduduk ikut terendam air hujan bak pertambakan. Luapan air hujan itu terjadi akibat hujan mengguyur Malaka mulai pukul 13.00 siang tadi hingga pukul 17.00 WITA. ketinggian air mencapai 20 hingga 30 centi meter.
Air hujan merendam rumah dan fasilitas umum disebabkan sistem drainase dan saluran pembuangan air sepanjang jalan strategis nasional tidak dibangun.

Ilustrasi Terendam

Ilustrasi Terendam

Tokoh Masyarakat Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Ignatius H. Usfinit kepada wartawan membenarkan hal itu. “Hujan hari ini cukup deras. Air hujan terlihat mengalir liar menuju rumah penduduk dan fasilitas umum seperti sekolah. Kantor Desa Motaulun, SMA Ratu Rosari Motaulun dan SDK Harewe ibarat empang besar. Kondisinya seperti kolam raksasa karena air mengalir liar kemana-mana,” bilangnya.

Seperti disaksikan wartawan media ini, luapan air terjadi di rumah penduduk di Desa Kleseleon, dimulai dari rumah salah satu warga, Thobias Kehi di wilayah jalan tikungan menuju SDI Kleseleon. Air hujan memenuhi badan jalan stragis nasinal dan pemukiman penduduk sepanjang SDi Kleseleon hingga Gereja Katolik Kleseleon. Memasuki Desa Motaulun, konsentrasi air menyebar rata di Dusun Lookmi dan Dusun Kleik. Rumah Jabatan Desa Motaulun dan beberapa rumah warga disekitarnya terendam air, hingga rumah orang tuanya Camat Weliman, Gabriel Seran di dusun Kleik Motaulun.

Memasuki Desa Naas, Lapangan SMPN 1 Malaka Barat di Desa Naas dipenuh air. Bangunan sekolah SMPN itu juga terendam air hujan. Luapan air hujan itu melebar sepanjang jalan menuju SDK Wetulan-Desa Naas. Lapangan SDK Wetulan juga mengalami hal yang sama. Tidak ketinggalan, air merendam rumah warga di Desa Maktihan hingga SD GMIT Maktihan. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top