RAGAM

Jefri: Perpustakaan jadi Basis Ilmu Masyarakat

KUPANG, Kilastimor.com-Banyak perpustakaan di daerah mubazir dan hanya menjadi gudang kearsipan. Tapi tidak berlaku umum karena dibeberapa daerah perpustakaan tidak lagi hanya menjadi tempat membaca dan meminjam buku. Masyarakat juga bisa mengakses berbagai informasi dan pengetahuan melalui fasilitas media interaktif dan jaringan internet.
Hal ini diungkapkan Jefri Riwu Kore Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Perpustakaan Nasional saat mengikuti car free day di ruas jalan Eltari Kupang (27/2/2016).

Jefri Riwu Kore

Jefri Riwu Kore

Terkait banyak perpustakaan yang mubazir di daerah sesuai temuan lapangan di daerah pemilihannya, menurutnya, perpustakaan tidak sesuai lagi muribahnya. Bahkan perpustakaan daerah banyak ditinggali oleh laba-laba dan debu.

Menurut Jefri, hal ini terjadi akibat belum kreatifnya beberapa kepala daerah untuk memperhatikan perpustakaan sebagai salah satu gudang ilmu pengetahuan masyarakat.
“Seharusnya, kepala daerah perlu mensponsori perpustakaan di daerahnya bukan membiarkannya,” jelas Jeriko sapaan Jefri Riwu Kore.

Jefri yang diminta idenya terkait dengan mengembalikan marwah perpustakaan, mengatakan, seharusnya perpustakaan menjadi basis dalam mendorong kecerdasan masyarakat. Masuk dalam ranah masyarakat ekonomi Asean juga berpengaruh terhadap kualitas masyarakat kita, jika ini tidak jadi perhatian kepala daerah maka akan sulit,” timpalnya Jefri.

Jefri kepada media menjelaskan, perpustakaan harus dipahami sebagai gudang informasi teknologi. Oleh karena itu, jika diberi kesempatan untuk implementasi idenya, maka perlu ada perpustakaan di tingkat kelurahan berbasis science park dan techno park. Artinya perpustakan berbasis ilmu dan teknologi. Fasilitas akan kita dukung. Mulai perpustakaan masyarakat sampai perpustakaan sekolah. Selama ini Pemda tidak memedulikan itu, jadi terkesan rakyat tidak dipedulikan.

Senada, Ian Haba Ora juru bicara anggota DPR RI yang dihubungi media ini membenarkan ide kreatif Jefri (Jeriko) terkait dengan perpustakaan berbasis science park dan tecnopark. “Konsep untuk mendukung kecerdasan masyarakat Kota Kupang sudah dimiliki oleh Pak Jefri, tinggal implementasi saja jika rakyat Kota Kupang setuju,” sebut Ian. (lan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top