RAGAM

Jeriko Perjuangkan Sarpras dan Guru Bagi Anak-Anak Disabilitas

KUPANG, Kilastimor.com-Jefri Riwu Kore, anggota Komisi X dan Badan Legislasi DPR RI akan memperjuangkan fasilitas dan aksesibilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas di NTT, khususnya Kota Kupang. Demikian dikatakan Jeriko sapaan Jefri Riwu Kore saat menerima aspirasi dari komunitas disabel beberapa waktu lalu, di Kupang.

Jeriko bersama pendamping dan kaum disabilitas Kota Kupang.

Jeriko bersama pendamping dan kaum disabilitas Kota Kupang.

Jeriko mengatakan, minimnya fasilitas dan aksesibilitas terungkap saat beberapa komunitas menemuinya di rumah aspirasi DPR RI. “Akses terhadap kaum disabilitas masih bermasalah. Sejumlah persoalan aksesibilitas pendidikan bagi disabilitas seperti adanya penolakan di beberapa sekolah saat kaum disabilitas akan mendaftar sekolah. Meskipun ada beberapa sekolah yang menerima disabilitas, namun tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memudahkan bagi disabel” sebut Jeriko.

Dia juga melihat persoalan guru di sekolah yang mengampuh pelajaran untuk kaum disabilitas, hanya pada anak-anak yang memiliki kecerdasan intelektual yang luar biasa, tapi belum menyentuh seluruh anak disabilitas secara umum. Padahal secara aturan telah ada jaminan pendidikan inklusif di sekolah milik pemerintah.

Dibeberapa sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif masih ditemukan banyak keluhan kurangnya guru pendamping bagi disabilitas. Pihak sekolah kadang harus meminta bantuan guru pendamping dari sekolah luar biasa (SLB). Artinya, sekolah tidak serius asalnya saja.

Pemda juga seperti temuan di Kota Kupang paparnya, terkesan diam saja, tidak mengusulkan formasi guru pendamping disabilitas. Dampaknya pendidikan kaum disabilitas pun menjadi terabaikan.

Dalam waktu dekat katanya, dia akan menggunakan fungsinya sebagai DPR untuk mendesak Kementerian Pendidikan agar memperhatikan kebutuhan Sarana Prasarana (Sarpras) bagi kaum disabilitas di sekolah-sekolah. Ia juga akan meminta Kemenpan RB melalui Mendikbud untuk memperbanyak formasi guru pendamping disabilitas saat pembukaan tes CPNS nanti. (lan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top