EKONOMI

Kejadian Luar Biasa, Pemkab Malaka Harus Serius Tangani Korban Kekeringan

BETUN, Kilastimor.com-Pemkab Malaka harus serius menangani 14.641 KK Korban kekeringan yang tersebar di Malaka. Kalau data diatas akurat, maka kondisi di Malaka saat ini dalam posisi yang sangat serius dan perlu mendapatkan perhatian pemerintah dalam ketersediaan pangan.
Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi II DPRD Malaka, Wendelinus Taolin saat rapat dengar pendapat dengan Dinas Pertanian Malaka di ruang komisi II, Rabu (3/2)

Wandelinus Taolin

Wandelinus Taolin

“Kita prihatin dengan kondisi kekeringan di Malaka dan dampaknya sangat besar bagi masyarakat. Kalau pernyataan kadis pertanian bahwa 80 persen lahan warga Malaka mengalami kekeringan dan gagal tanam merupakan pernyataan serius yang harus disikapi semua pihak. Pemerintah harus proaktif menyediakan bantuan rawan pangan terutama bagi para korban,” jelasnya.
Dikatakan, Ini termasuk kejadian luar biasa yang harus disikapi, karena musim tanam pertama di Malaka gagal total,

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi II DPRD Malaka, Ronaldo Asury mengatakan pemerintah harus memiliki konsep kerja yang dapat diukur. “Pemerintah harus memiliki konsep kerja jangka pendek yakni memberikan bantuan rawan pangan bagi warga korban kekeringan. Dalam jangka menengah pemerintah harus menyediakan benih dan obat-obatan serta sarana dan alat pertanian yang memadai. Pemerintah juga harus bisa memperbaiki semua saluran irigasi yang rusak supaya bisa melancarkan irigasi”

Kadis Pertanian Malaka, Petrus Bria menjawab pertanyaan anggota DPRD Komisi II mengatakan pihaknya tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat sesuai ketersediaan anggaran pemerintah. “Kita sudah mendapatkan data dari 12 kecamatan di Malaka dan akan segera dilaporkan ke Bupati dan Provinsi untuk mendapatkan perhatian pemerintah,” tuntasnya. (oni)

Baca Juga :   Penerbitan Pengganti KTP-e Terkait Pilwalkot? Ini Penjelasan Kadis Pendukcapil Kota Kupang
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top