POLITIK

Mendagri Pastikan Bupati/Wabup Terpilih Dilantik 17 Februari Nanti

JAKARTA, Kilastimor.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Jumat (5/2) kemarin memastikan jadwal pelantikan wali kota/wawalo dan bupati/wakil bupati secara serentak pada Rabu (17/2) di masing-masing provinsi, termasuk Bupati/Wabup Terpilih pada 9 kabupaten di NTT
“Pelantikan bupati/wabup, wali kota/wakil wali kota akan dilakukan serentak pada 17 Februari di setiap provinsi. Terkecuali untuk Kalimantan Tengah akan dilantik oleh Mendagri karena gubernurnya masih Plt,” kata Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

Dikatakan, pelantikan kepala dan wakil kepala daerah ini dilakukan setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur seluruh Indonesia, dilakukan yang sedianya dilaksanakan pada 12 Februari 2016 di Istana Negara.

Usai mereka dilantik, lanjutnya, semua bupati dan wali kota akan diundang ke Jakarta, guna mendengarkan arahan Presiden, Menko terkait, KPK, BIN dan lain sebagainya. Semua dalam rangka merubah pola pikirnya agar komprehensif. Selanjutnya, mereka akan mengikuti diklat di Lemhanas,” ujar Tjahjo.

Masih menurutnya, untuk kepala daerah terpilih yang ditetapkan sebagai tersangka dan terindikasi melakukan praktik korupsi, politik uang hingga ijazah palsu, tetap akan dilantik, dan apabila yang bersangkutan ditetapkan sebagai terdakwa maka jabatannya akan langsung dicabut.

Sementara itu, Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Kerja Sama Antar Lembaga, Ditjen Otda, Anselmus Tan mengemukakan, saat ini sudah ada tujuh kabupaten yang telah memasukan usulannya. “Kabupaten Belu, TTU, Malaka, Sabu Raijua, Sumba Timur dan Sumba Barat serta Ngada sudah masuk. Tersisa kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat yang baru akan diusulkan,” paparnya.

Baca Juga :   Tarian Likurai Warnai Safari Literasi di Malaka

Dia berharap kabupaten yang belum diusul segera diajukan oleh Pemprov NTT, agar diproses SK-nya. “Kita sedang proses SK-nya. Semoga yang belum bisa segera diserahkan ke Kemendagri,” pungkasnya. (*/fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top