RAGAM

Pelayanan Dispendukcapil Malaka Lumpuh

BETUN, Kilastimor.com-Pelayanan dokumen kependudukan di Dispendukcapil Malaka sejak, Selasa (2/1) lumpuh, karena semua tenaga kontrak/operator yang bertugas mengoperasikan peralatan pencetakan KTP Elektronik dan operator SIAK, diberhentikan sementara sambil menanti SK Bupati Teko 2016.
Pemberhentian itu melalui hasil konsultasi kadispenduk Malaka dengan penjabat Bupati Malaka di ruang kerja bupati, Senin (1/2).

Teko diberhentikan, pelayanan KTP-e macet total di Malaka.

Teko diberhentikan, pelayanan KTP-e macet total di Malaka.

Kadispencapil Malaka, Ferdynandus Rame kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (2/2) mengatakan bahwa pihaknya terpaksa memberhentikan operator KTP-e dan operator SIAK di 12 Kecamatan dan sekertariat Dispendukcapil karena menunggu SK penetapan Teko 2016. “Kita ini serba repot kalau tidak memberhentikan mereka soalnya penjabat bupati Malaka tidak menjamin membayar mereka, jika tidak diakomodir lagi menjadi teko 2016. Untuk sementara kegiatan kita di dispendukcapil lumpuh karena semua operator yang bertugas sebagai operator berstatus sebagai teko. Kita yang di kantor tidak bisa berbuat apa-apa karena semua pegawai yang ada tidak bisa mengoperasikan alat itu. Para operator itu dilatih secara khusus oleh Dirjendukcapil Kemendagri RI, sehingga kita tidak bisa menggantikan peran mereka,” jelasnya.

“Untuk sementara kita tidak bisa berbuat banyak karena tidak ada operator. Kita di kantor saat ini hanya bisa melayani masyarakat hanya pengesahan photo copy dokumen kependudukan masih dilaksanakan seperti biasa. Kita tetap kesulitan bila pemerintah daerah Kabupaten Malaka tidak mengakomodir lagi para operator KTP-e dan operator SIAK. Kalau pemerintah daerah Kabupaten Malaka memasukkan tenaga yang baru, maka harus menunggu lagi jadwal dari Kementerian untuk pelaksanaan pelatihan. Dengan demikian pelayanan dokumen kependudukan tetap bermasalah dan tetap tidak bisa dilakukan,” pungkasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top