RAGAM

Penjabat Bupati Malaka Diminta Tidak Buat Standar Ganda dalam Birokrasi

BETUN, Kilastimor.com-Penjabat Bupati Malaka diminta tidak membuat standar ganda dalam birokrasi dengan memisahkan tugas pimpinan SKPD dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Kalau tidak suka dengan kadisnya silahkan dicopot saja dan dialihkan jabatan itu kepada Plt kadis atau pejabat satu tingkat diatasnya. Kalau dipisahkan, maka akan sulit dalam aspek pertanggungjawabannya kalau ada masalah.
Hal itu disampaikan Ketua DPC PKB Malaka, Simon Seran Fahik kepada wartawan di Betun,Kamis (11/2).

Simon Seran Fahik

Simon Seran Fahik

Bila bupati merasa kadis tidak mampu paparnya, ya ganti saja dari pada mengalihkan tugas KPA kepada pejabat eselon III. “Lebih bijak kalau pak Bupati mengantikan dengan plt Kadis atau menunjuk langsung sekda supaya mengambil alih tugas kadis yang bersangkutan. Pertanyaannya, kalau kedepan terjadi persolan di dinas teknis yang bersangkutan misalnya ada persoalan dalam pelaksanaan belanja modal, Yang harus bertanggung jawab siapa? Kadis atau KPA? Kalau tugas KPA untuk eksekusi anggaran itu sih silahkan dan sah-sah saja,” paparnya.

Kalau konsep diatas yang tetap digunakan bupati ujarnya, perlu dikaji apakah sudah sesuai aturan perundangan yang berlaku? Kalau memang dipisah maka harus dibuatkan semacam perjanjian yang menyebutkan secara jelas dan tegas terkait tugas, kewenangan dan tanggung jawab yang harus dilakukan seorang Kadis dan KPA. “Kita khawatir kalau ada standar ganda dalam SKPD bisa menimbulkan kegaduhan baru dalam birokrasi atau SKPD yang bersangkutan. Pelimpahan wewenang tidak sekedar dengan SK Bupati lalu tuntas. Kalau ada standard ganda bisa menimbulkan kegaduhan administrasi,” jelasnya.

Penjabat Bupati Malaka sarannya, harus mengambil alih tugas kadis sehingga pertanggung jawabannya jelas. Jangan memberikan kewenangan setengah-tengah karena bisa menimbulkan kegaduhan di dinas yang bersangkutan. Lagi pula konsep ini yang diterapkan, maka akan merembet kepada penilaian kadis terhadap kinerja bawahannya yang berstatus KPA. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top