RAGAM

Perkampungan Berika, Weliman Terancam Longsor

BETUN, Kilastimor.com-Perkampungan Berika di Dusun Berika, Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, NTT, terancam longsor. Pasalnya, dua titik longsor di Dusun Berika tepatnya di Rai Mutik longsor mencapai 20. Selanjutnya satu titik lagi di We Sakabi mengalami longsor belasan meter.

Bila tidak ditangani cepat maka perkampungan berika akan logsor dan tenggelam serta lahan kebun masyarakat di wilayah itu akan rusak.
Demikian Paulus Seran Kiik warga Dusun Berika, Desa Laleten, Kecamatan Weliman, saat ditemui media ini, Senin (29/2).

Hujan selama dua hari terakhir paparnya, membuat perkampungan Berika sepanjang Kali Motamoruk terancam longsor. Dua titik diatas mulai longsor dan bila tidak mendapatkan penanganan maka longsor bisa menyebar ke lokasi perkampungan Berika. Tahun lalu saat musim hujan, terjadi sedikit longsor. Tetapi tahun ini sudah mulai meluas, tinggal belasan meter lagi longsor sudah merusak pemukiman penduduk disekitarnya.

“Kalau hujan bertambah beberapa hari kedepan maka longsor dipastikan meluas memasuki perkampungan dan kebun milik masyarakat sepanjang Kali Motamoruk. Kali Motamoruk yang menyusuri perkampungan masyarakat di wilayah itu 1 km lebih. Agar aman, hendaknya dibronjong supaya tidak longsor saat banjir datang. Banjir Motamoruk datang dari Alas Badu di Haefore-Naininu dan beberapa titik kali kecil di wilayah pegunungan Naetasik Berika. (boni)

Baca Juga :   Warga Builalu Amankan Penyelundup Beras dari Timor Leste
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top