NASIONAL

PRT Asal Malaka Ditelantarkan Majikan dalam Keadaan Hamil

JAKARTA, Kilastimor.com-Naas benar nasib yang dialami, Renita Luruk (RL), perempuan asal Kota Bone, Halibasar, Besikama, Malaka, NTT. Pasalnya, setelah bekerja selama 9 tahun sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) pada majikannya, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dengan gaji Rp 1 juta perbulan, yg diberikan langsung ke keluarganya di kampung, malah ditelantarkan.

Tampak pihak B On J dan LBH ketika melihat kondisi Renita Luruk, Sabtu lalu.

Tampak pihak B On J dan LBH ketika melihat kondisi Renita Luruk, Sabtu lalu.

Lebih dari itu, korban yang kini hamil enam bulan, hidup terlantar di Banjir Kanal Timur (BKT), Duren Sawit, Jakarta Timur.
Wanita malang itu, kemudian ditemukan oleh Keluarga Andre, dan kini tengah ditampung di Halim, untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Ketua Paguyuban Belu Oan Jakarta (B On J), Vinsensius Seran yang menghubungi koran ini, Sabtu (20/2) mengemukakan, pihaknya telah bertemu dengan korban dan keluarga tersebut yang telah menampung Renita.

Kepada pihaknya yang saat itu bersama salah satu LBH mengaku dirinya dikeluarkan majikannya beberapa bulan lalu, setelah bekerja selama 9 tahun. Dirinya saat dikeluarkan, tidak menerima pesangon maupun uang lain-lain.

Masih menurutnya, masalah kehamilan saat ini, dia meminta pacarnya untuk mempertanggungjawabkannya dan pihaknya bersama LBH dan IKABEMA akan segera mencari pacar korban di Keranji, Bekasi. Tidak saja itu, pihaknya juga akan mencari majikannya, terkait masalah pekerjaan korban.

Vinsen menuturkan, dirinya membujuk korban untuk pulang ke Malaka, namun korban menolak, karena malu dengan kehamilannya. “Saya malu jadi tidak mau pulang. Saya minta tolong cari pacar saya saja, agar dia mempertanggungjawabkan anak dalam kandungan saya,” kutip Vinsen Seran yang merupakan PNS pada Pemprov DKI Jakarta itu.

Dirinya bersama teman-teman dari LBH berencana Senin atau Selasa nanti akan bergerak ke rumah pacarnya di Keranji, juga rumah majikan untuk mendiskusikan penelantaran PRT tersebut. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top