RAGAM

Ranperda RTRW Malaka Perlu Dilengkapi Beberapa Dokumen Penting

BETUN, Kilastimor.com-Proses penyusunan Rancangan Perda (Ranperda) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Malaka sudah menunjukkan titik terang. Gubernur NTT sudah memberikan rekomendasi persetujuan pada (22/12). Dengan dasar itu dokumen RTRW dikonsultasikan dan dikoordinasikan dengan beberapa Kementerian di Jakarta dan hasilnya dokumen itu perlu dilengkapi sesuai permintaan beberapa kementerian.

Herman Klau

Herman Klau

Pemkab Malaka diberi waktu satu bulan untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Malaka, melalui Kabid Fisik Sarana dan Prasarana kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/2).

Kabid Sarana dan Prasarana, Herman Klau kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dan membahas di tingkat BKPRN untuk minta persetujuan substansif Menteri Agraria dan Tata Ruang di Jakarta. Berita acara yang diserahkan ternyata masih ada beberpa kekurangan persyaratan administrasi yang diminta beberapa kementerian. Ada beberapa catatan dari Menteri Lingkungan hidup, Kementerian Perhubungan, khususnya untuk pelabuhan belum masukkan di ALKI.

“Kita akan ajukan dokumen itu ke provinsi untuk selanjutnya diteruskan provinsi ke Jakarta. Dibidang Kementerian Pertahanan dan Keamanan kita juga harus memasukkan Malaka sebagai kawasan perbatasan negara. Kita juga akan masukkan data di PU terkait bina marga,” ujarnya.

Dirjen SDA paparnya, juga meminta kelengkapan data terkait daerah irigasi. Semua data yang ada harus disinkronkan sehingga keluarannya sama. Album peta Malaka juga perlu dibawa untuk dilihat Jakarta. Kalau semuanya sudah lengkap akan dikeluarkan berita acara dan persetujuan substansi. Selanjutnya akan dibawa ke proses legislasi daerah supaya bisa ditetapkan sebagai Perda RTRW Malaka. (oni)

Baca Juga :   Proyek Jalan Tanpa Drainase, Banjir Rendam Tiga Dusun di Silawan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top