RAGAM

SKPD Perlu Belajar Mengelola Anggaran di PSSI Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pengelolaan anggaran pada SKPD dilingkup Pemkab Malaka mendapat sorotan tajam. Bagaimana tidak, dana miliaran rupiah tidak terserap dan kembali disetor ke kas negara, akibat SKPD tidak mampu mengeksekusinya. Kondisi ini tentunya sangat merugikan masyarakat Malaka.
Tokoh Pemuda Malaka Barat, Alfons Tae Bria kepada wartawan di Besikama, Kamis (10/2) sore tadi angkat bicara terkait fenomena ini.

Dia menyarakan kepada SKPD yang ada, untuk melakukan studi banding tentang pengelolaan anggaran, termasuk pengelolaan anggaran pada PSSI Malaka. Pasalnya, walau dengan anggaran yang sangat minim tetapi bisa menunjukkan prestasi yang disumbangkan bagi masyarakat Malaka, terutama dalam hajatan El Tari Memorial Cup 2015 di Maumere.

Logo PSSI

Logo PSSI

SKPD teknis paparnya, tidak pelu malu melakukan studi banding terkait pengelolaan anggaran serta bagaimana kiat-kiat sehingga bisa sukses besar didapat.
“Kita patut mengakui kelebihan PSSI Malaka dalam mengelola keuangan yang bersumber juga dari APBD. Nyatanya hanya dengan dana yang tidak seberapa, tetapi bisa berhasil dan sukses menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Malaka di di tingkat Provinsi NTT. Ini prestasi yang sangat membanggakan semua pihak,” ujarnya.

“Logikanya, baik PSSI dan SKPD sama-sama mengelola anggaran yang bersumber dari APBD. Pertanyaannya kenapa PSSI sukses dan banyak SKPD yang tidak mampu mengelola anggaran. Memangnya salahnya dimana, sehingga uang rakyat tidak bisa dieksekusi,” tuturnya.

Dinas terkait sebutnya, tidak perlu malu melakukan studi banding pada organisasi atau lembaga yang sudah maju, terkait pengelolaan anggaran. Pastinya mereka memiliki strategi masing-masing, sehingga perlu adopsi.

Baginya, PSSI Malaka perlu dicontoh dalam hal pengelolaan keuangan. Walau sedikit alokasi dana untuk PSSI namun mampu mengharumkan nama Malaka di seantero NTT. Kalau SKPD yang alokasi dananya sampai puluhan miliar harusnya bisa mengukir prestasi dalam penyerapan anggaran. Aneh, ada uang tetapi tidak bisa kelola. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top