EKONOMI

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Kupang Berikan Modal Usaha Bagi Karang Taruna

KUPANG, Kilastimor.com-Dalam rangka mengurangi angka pengangguran bagi tenaga kerja di Kota Kupang, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang akan memberikan bantuan modal usaha bagi karang taruna.
“Kami saat ini menyiapkan dana untuk pengembangan usaha bagi karang taruna sebesar Rp 1 milliar. Dana ini ini nantinya akan diberikan bagi mereka yang punya potensi, dengan diberikan pelatihan selama 20 hari di Balai Latihan Kerja (BLK),” kata Wali Kota Kupang, Jonas Salean dalam sambutannya saat berkantor di Kelurahan Nunbaun Delha, Kamis (11/2).

Jonas Salean

Jonas Salean

Menurutnya, mereka yang telah selesai mengikuti pelatihan akan dibantu modal dan peralatan untuk membuka usaha sesuai bakat atau potensi yang dimiliki. Dana yang diberikan kepada karang taruna sistemnya bergulir.

“Saya sudah membicarakan hal ini dengan DPRD Kota Kupang, bahwa beberapa program inovasi telah diberikan kepada semua masyarakat, namun untuk karang taruna belum. Sehingga, salah satu cara memberikan perhatian dalam mengatasi pengangguran adalah memberikan modal usaha bagi karang taruna,” kata Jonas.

Jonas mengatakan, pemberian bantuan modal usaha bagi karang taruna, agar tidak adalagi pemuda yang duduk minum mabuk di pinggir jalan. Karena, kedapatan pemuda yang minum mabuk di jalan pihak keamanan langsung mengangkutnya.

“Saya sudah mengeluarkan imbaun jika ada pemuada yang kedapatan minum mabuk di pinggir jalan polisi langsung angkut,” tegas Jonas.

Baca Juga :   30 Kelompok Tenun Malaka Tengah dan Weliman Dilatih Atasi Kelunturan

Jonas menambahkan, pemberian modal usaha bagi karang taruna dengan sistem bergulir jika berjalan bagus, maka di 2017 direncanakan akan ditambahkan lagi anggaran sebesar Rp 5 milliar.

”Ya, kalau dilihat bagus, maka saya akan membicarakan dengan Dewan agar dananya ditambah dari Rp 1 milliar menjadi Rp 5 milliar,” bilangnya.

Selain karang taruna, kata Jonas, para ibu yang pandai dalam menjahit juga akan didorong pemerintah untuk diberikan pelatihan di BLK. Sehingga, mereka bisa berkembang. Karena, jika dilihat pakaian yang dijahit oleh mereka lebih bagus dan berkualitas dari pakaian yang dijual di toko. (lan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top