RAGAM

Tiga Usulan Pemekaran Desa Masuk ke Pemdes Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat serta pendekatan pelayanan, diwajibkan adanya pemekaran, termasuk pemerintahan desa.
Untuk Kabupaten Belu sendiri, ada tiga usulan yang masuk ke Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Setda Belu.

Ignasius Kiik Asa

Ignasius Kiik Asa

Kabag Pemdes Setda Belu, Ignasius Kiik Asa kepada media ini mengatakan, pada tahun 2015 lalu, ada tiga permintaan pemekaran desa.
Para pengusul tambahnya, sudah mengajukan tiga proposal pemerkaran desa. Adapun desa yang akan dimekarkan antara lain, Desa Manleten, Kecamatan Tastim, Faturika, Kecamatan Raimanuk dan Dubesi, Kecamatan Nanaet Dubesi.

Kendati demikian sebut Ignas, pihaknya belum bisa menindaklanjuti permintaan tersebut karena belum pedoman pemekaran desa. Apabila telah ada pedoman pemekaran, maka pihaknya akan menindaklanjuti, mengan menyiapkan Ranperda, guna diajukan kepada DPRD Belu, untuk disetujui.

“Sebenarnya ada empat usulan pemakaran desa, tapi hanya tiga desa yang memasukan usulan berupa proposal. Sedangkan Desa Bakustulama baru lisan, dan dokumennya belum dimasukan,” urainya.

Khusus untuk Desa Manleten timpalnya, direncanakan akan mekar jadi dua desa. Manleten masuk prioritas karena memang desanya besar dan padat penduduk. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top