RAGAM

Tugas dan Tanggung Jawab Tugas Kadis/Kaban dan KPA yang Dipisahkan Jelas

BETUN, Kilastimor.com-Pergantian Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada tujuh dinas dan badan di lingkup Pemkab Malaka sudah sesuai aturan dan tidak perlu diperdebatkan. Pemerintah tidak mengganti kadis, tetapi hanya mengganti KPA supaya dinas dan badan bisa fokus mengelola SKPD yang dipimpin.
Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere kepada wartawan di Betun, Kamis (11/2).

Donatus Bere

Donatus Bere

“Kita tidak melanggar aturan kok. Yang kita lakukan ini semata-mata untuk meringankan beban kadis yang selama ini terlihat banyak beban dan tidak bisa mengelola anggaran. Pemerintah tidak cabut jabatan kadis atau kabannya. Yang kita ganti adalah KPA supaya bisa fokus mengeksekusi anggaran di SKPD yang bersangkutan. Tugas, tanggung jawab dan kewenangan masing-masing jelas tho. Kenapa kita harus perdebatkan sesuatu yang sudah jelas,” tegasnya.

Tolong dicatat paparnya, yang dilakukan Pemkab Malaka saat ini semata-mata meyelamatkan uang rakyat supaya bisa diserap SKPD. Kalau uang itu tiap tahun tidak bisa dikelola, maka yang rugi itu rakyat. Hak kadis dan kaban tetap kok, tidak berubah dari sebelumnya. Hanya kewenangan anggaran yang kita serahkan kepada KPA dicopot, supaya lebih fokus dan tidak mengganggu konsentrasi para kadis. Intinya, para kadis dan kaban yang diganti tidak akan berhubungan langsung dengan yang namanya urusan uang, karena sudah dilimpahkan ke KPA.

Langkah yang ditempuh paparnya, sudah benar dan tidak melanggar aturan. Para kadis dan kaban tentu mengetahui apa yang harus dilakukan sesuai bidang tugasnya. Kita yakin dalam tahun 2016 ini Malaka akan berubah karena KPA diganti. “Kita juga yakin bahwa anggaran yang ditetapkan melalui APBD sebagian besar akan dieksekusi dan progresnya akan lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top