RAGAM

Tujuh Titik Ruas Jalan Selatan Timor Terancam Longsor

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak tujuh titik sepanjang jalan strategis nasional yang melintasi jalur selatan pulau Timor di wilayah TTS terancam longsor. Ketujuh titik itu menyebar di tiga kecamatan di wilayah TTS yakni satu titik di daerah Buisaen – Kecamatan Kot Olin, Tiga titik di Kecamatan Nunhala masing-masing di daerah Temkuna-Desa Nuelunat, Saenam dan Op. Satu titik lagi di daerah Nop-Nop-Desa Oetuka-Kecamatan Kolbano-Kabupaten TTS.
Bila pemerintah tidak segera menanganinya segera maka akan longsor dan merusak badan jalan yang sudah dibangun.
Hal itu disampaikan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kot Olin, Kabupaten TTS, Yuhanis Liufeto kepada wartawan di Kot Olin, Jumat (19/2).

Inilah ruas jalan strategis nasional di Pantai Selatan Timor

Inilah ruas jalan strategis nasional di Pantai Selatan Timor

“Kami warga tiga Kecamatan ini sangat senang karena pemerintah sudah membuka jalan dan mengerjakan jalan yang baik untuk masyarakat. Hidup kami sudah baik dan tidak terisolasi. Semua urusan kami bisa berjalan lancar karena jalan itu sudah dibangun. Kami sangat mudah bepergian ke Kupang-Soe dan Betun, Kabupaten Malaka untuk berbelanja atau urusan lainnya, jelasnya.

Hanya saja, masyarakat berharap pemerintah segera memperbaiki dan membuat terap permanen sebagai penahan, agartidak terjadi longsor yang kemudian menutupi badan. Dalam beberapa kali hujan, sudah terjadi longsor pada 7 titik diatas. Batu-batu dan material sertu gunung runtuh dan menimbun serta menutupi badan jalan.

Hujan terakhir Kamis lalu, bilangnya, di daerah Nop-Nop Desa Oetuka-Kecamatan Kolbano terjadi longsor dari tepian jalan yang terjal akibat pengerjaan ruas jalan itu. Dinding-dinding jalan itu sangat tinggi dan terjal tanpa dibuatkan terap atau bronjong batu guna melindungi tebing-tebing itu. Tingginya tebing itu sudah diatas 10 meter sehingga kalau terjadi longsor bisa membahayakan pengguna jalan. Jalan yang sudah dibangun juga akan rusak karena tertimbun material batu dan sertu gunung akibat longsor. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top