RAGAM

Waspada…………!!!! Penderita DBD di Kota Kupang Meningkat Jadi 68 Orang

KUPANG, Kilastimor.com-Waspada, penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Kupang terus mengalami peningkatan. Pada minggu keempat bulan Januari sebanyak 38 orang penderita, dan hingga 14 Februari, naik menjadi 68 orang penderita DBD.
Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Kupang, Bidang Penanggulangan dan Pengamatan Penyakit (P2) menunjukkan, mulai dari minggu pertama per 27 Desember 2015 hingga minggu keenam per 14 Februari, sudah mencapai 68 penderita DBD.

Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue

“Jumlah penderita DBD yang ada di Kota Kupang sebanyak 68 orang. Sebelumnya penanganan awal di semua Puskesamas, dan sekarang telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan secara baik. Para penderita DBD ini hampir semua sedang dirawat di semua rumah sakit yang ada di Kota Kupang,” kata Kepala Seksi pengawasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ferry Sinaga .

Menurut Sinaga, penderita DBD ini rata-rata masih pada posisi normal yakni dengan rincian posisi great satu 52 orang, great dua 14 orang, dan great tiga dua orang.

“Penderita DBD tersebar di semua kecamatan yanga ada di Kota Kupang, yakni Kecamatan Maulafa sebanyak 18 orang, Kecamatan Oebobo sebanyak 16 orang , Kecamatan Kelapa Lima sebanyak 11 orang, Kecamatan Alak sebanyak 9 orang , dan Kecmatan Kota Raja sebanyak 11 orang, serta Kecamatan Kota Lama sebanyak tiga orang,” rincinya.

Sementara untuk perawatan di tingkat Puskesmas, kata Sinaga, untuk Puskesmas Pasir Panjang dirawat sebanyak dua orang, Puskesmas Oebobo dirawat lima orang, Puskesmas Kupang Kota dua orang, Puskesmas Alak lima orang, Puskesmas Oepoi 10 orang , dan Puskesmas Bakunase 11 orang.

Sedangkan untuk Puskesmas lain seperti Puskesmas Sikumana 11 orang, dan Puskesmas Penfui delapan orang, Naioni satu orang, Puskesmas Oesapa 11 orang, dan Puskesmas Manutapen sebanyak dua orang.

“Dengan meningkatnya penderita DBD, maka kami dari Dinas Kesehatan melalui P2P terus melakukan penanganan berupa abatesasi, sosialisasi 3 M, dan memberikan imbaun kepada masyarakat melalui gereja,” katanya.

Sementara sebelumnya Kepala Bidang Penanggulangan dan Pengamatan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan, jumlah kasus DBD di Kota Kupang hingga minggu keempat bulan Januari tahun 2016, mencapai 29 orang. Dan terhitung hingga hari Kamis tanggal 28 Januari kemarin, jumlah penderita positif DBD di Kota Kupang bertambah sebanyak tiga orang. Sehingga, total jumlah kasus DBD di awal tahun 2016 ini sudah sebanyak 32 kasus. (lan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top