EKONOMI

Willy Lay: Bank Sampah A’i Kamelin Perlu Dikembangkan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Upaya membangun Belu terus dilakukan. Salah satu bentuknya melakukan pembangunan untuk mendapat data yang valid adalah Inspeksi Mendadak (Sidak) ke berbagai instansi di lingkup Pemkab Belu. Jumat (26/2) pagi tadi, Bupati Belu, Willybrodus Lay melakukan Sidak ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Belu.

Bupati Belu ketika memantau pengelolaan sampah menjadi pupuk di Bank Sampah A'i Kamelin di Kantor BLHD Belu.

Bupati Belu ketika memantau pengelolaan sampah menjadi pupuk di Bank Sampah A’i Kamelin di Kantor BLHD Belu.

Dalam sidak itu, Bupati Belu itu mengecek satu persatu ruang kerja para staf, termasuk ruang kerja Kepala BLH dan Sekretaris. Bupati melihat beberapa hasil kreatifitas kerajinan yang dihasilkan dari olahan bahan sampah.

Kesempatan itu Bupati Willy didampingi Kepala BLH Belu, Eta Mesak dan Kadis PU dan Perumahan Belu, Eda Fahik meninjau lokasi pengolahan pupuk organik hasil olahan sampah yang dilakukan Bank Sampah A’i Kamelin.

Dalam peninjaun itu, Kaban BLH Eta Mesak menunjukkan secara langsung kepada Bupati Belu terkait dengan proses pengolahan pupuk organik yang menggunakan bahan dasar sampah, mulai dari tahap awal penggilingan hingga akhirnya menjadi pupuk organik. Selain itu dijelaskan juga soal peralatan yang digunakan Bank sampah untuk mengelola sampah.

“Sampahnya kita dapat dari warga. Kemudian kita olah yang sampah plastik jadi souvenir sedangkan sampah daun jadi pupuk irganik, dan setelah itu dipasarkan,” ujar Mesak.

Bupati Willy meninjau pusat pengolahan pupuk tersebut guna melihat langsung proses pengolahan pupuk organik dari bahan dasar sampah daun dan plastik yang dikelola oleh Bank Sampah A’i Kamelin, juga melihat peralatan yang digunakan untuk mengelola sampah.

Menurut Bupati, pupuk organik yang diolah Bank Sampah A’i Kamelin menggunakan bahan dasar sampah daun sangat baik, karena alami tidak mengandung kimia. Kedepan akan dikembangkan lebih baik lagi. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top