HUKUM & KRIMINAL

356 Personil Polisi Amankan Perayaan Paskah di Belu dan Malaka

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kepolisian Resor (Polres) Belu siap mengamankan prosesi dan perayaan misa dan kebaktian terhitung dari Minggu Palem hingga perayaaan Paskah.
“Kita sudah siapkan personil pengamanan Paskah di Belu dan Malaka. Kita turut amankan di Malaka karena berada dalam walayah operasi Polres Belu,” ujar AKBP Dewa Putu Gede Artha ketika dihubungi, Selasa (15/03/2016).

Kapolres Belu

Kapolres Belu

Menurut Kapolres Belu, berdasarkan data yang dimiliki jumlah gereja dan kapel di wilayah Kabupaten Belu sebanyak 45, sementara untuk di wilayah Kabupaten Malaka ada sebanyak 44 unit.

Namun demikian, dari sekian jumlah gereja umat Kristen itu, yang prioritas pengamanan yakni gereja Katedral, Polycarpus, Santa Maria Fatima Betun. Bagi umat Katolik, tahapan dan kegiatan yang diamankan mulai dari Minggu Palma sampai tanggal Paskah 28 Maret nanti.

“Sedangkan untuk kegiatan umat protestan mulai tanggal 24 Maret, persiapan perjamuan kudus sampai perayaan ibadah paskah 28 Maret mendatang,” ujar Artha.

Dikatakan, jelang hari raya Paskah itu, Polres rencana akan melakukan kegiatan gelar pasukan Operasi Samana Santa yang akan digelar 18 Maret nanti, di Lapangan Umum Atambua yang melibatkan seluruh instasi terkait dari Dinkes, Perhubungan, Pol PP dan Senkom.

Jelas Artha, untuk pengamanan murni Polres libatkan personil sebanyak 356 orang, yang akan ditempati dalam kegiatan di seluruh gereja di Belu dan Malaka. Sedangkan bantuan kekuatan dari pol pp personil ada 147 orang, Dishub 20 orang, TNI satu pleton dan akan di back up Brimob Detasemen 50 personil, sebagai tim sterilator disetiap tempat ibadah.

“Itu kekuatan-kekuatan yang mendukung pengamanan paskah. Ancaman tugas yang diwaspadai mulai dari teror, isu isis, masalah pencemaran hostia, lakalantas maupun kriminalitas lainnya yang perlu kita antisipasi,” ucap dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top