RAGAM

Bakal Kekurangan, Pemkot Kupang Khawatir Pensiunkan PNS SD Hingga SMA

KUPANG, Kilastimor.com-Wacana Pemerintah berhentikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berijazah SD, SMP dan SMA, membuat Pemerintah Kota Kupang khawatir. Pasalnya, begitu wacana itu diberlakukan, maka Pemerintah akan mengalami kekurangan pegawai yang cukup banyak, karena sebagian besar PNS di lingkup pemerintah Kota Kupang berijazah SMA.
Demikian dikatakan Walikota Kupang, Jonas Salean, kepada wartawan, di Balai Kota, belum lama ini, saat dimintai tanggapan soal wacana Pemerintah Pusat mempensiunkan PNS berijazah SD, SMP dan SMA di seluruh Indonesia.

Jonas Salean

Jonas Salean

Menurutnya, dari sekitar 7.000 lebih PNS yang mengabdi di pemerintah Kota Kupang, terdapat 4.000 an PNS yang berijazah SMA dan SMP di Kota Kupang. Jika semua PNS berijazah SMA dan setingkat dibawahnya dipensiunkan maka, sudah jelas Pemerintah mengalami kekurangan pegawai karena yang diberhentikan lebih dari setengah jumlah PNS di Kota Kupang.

“Saya harap wacana itu tidak sampai diberlakukan. Kalaupun sampai diberlakukan maka Pemerintah Kota akan meminta dispensasi kepada pemerintah pusat, sebab Pemkot Kupang pasti mengalami kekurangan tenaga, dan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat tidak dapat berjalan dengan baik,” Katanya.

Menurutnya, cara yang baik yang harus dilakukan oleh pemerintah pusat adalah tidak lagi melakukan penerimaan CPNS baru selama beberapa tahun kedepan, agar jumlah PNS tidak. Kalau cara itu diberlakukan maka akan terjadi juga pengurangan PNS, karena dilingkup Pemerintah Kota Kupang, setiap tahunnya ada sebanyak 150 PNS, termasuk guru yang pensiun, sehingga pada 10 atau 15 tahun jumlah PNS di Kota Kupang bisa mengalami pengurangan yang cukup banyak. (lan)

Baca Juga :   Kemarau, Debit Air PDAM Kota Kritis
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top