RAGAM

Beri Pemahaman Tentang Disabilitas, PERSANI NTT Sosialisasi ke 11 Desa di Kabupaten Kupang

KUPANG, Kilastimor.com-Untuk meningkatkan pemahaman pemerintah desa tentang disabilitas, Perkumpulan Tuna Daksa Kristiani (Persani) NTT, akan melakukan road show dan sosialisasi tentang konsep disabilitas di 11 desa dari 5 kecamatan di kabupaten Kupang, pada pertengahan bulan ini.
Hal ini disampaikan Direktur Organisasi Penyandang Disabilitas (OPD) Persani NTT, Serafina Bete kepada kilastimor.com, Sabtu (12/3), di sekretariat Persani NTT, di bilangan Kelurahan Sikumana, Kota Kupang.

Persani

Persani

Menurut Serafina, selama ini Persani sebagai OPD, telah melakukan berbagai kegiatan, terurama advokasi untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah dan masyarakat, terutama di desa tentang konsep disabilatas. “Jika selama ini kita bicara tentang disabilitas di desa, banyak warga yang belum paham tentang disabilitas. Bahkan masyarakat atau pemerintah sendiri masih menyebut disabilitas sebagai cacat,” jelas Serafina.

Dia menambahkan, untuk data disabilitas sendiri, selama ini desa tidak memiliki data tentang disabilitas. Sehingga menurutnya, desa dianggap sebagai tempat menyembunyikan kaum disabilitas. Untuk itu, melalui sosialisai yang akan dilakukan di desa nanti, dan diharapkan dapat memotivasi pemerintah desa dan warga untuk mengerti, bahkan menggantikan kata cacat menjadi disabilitas yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2011.

Menurutnya, selama ini disabilitas kurang dan bahkan tidak sama sekali dilibatkan dalam perencanaan di desa. Untuk itu, perlu ada vocal point di tingkat desa, agar penyandang disabilitas ikut terlibat dalam setiap perencanaan di desa. Dengan demikian, output dari sosialisasi ini, akan terbentuk kelompok inklusi tingkat desa.

Rencanya, kegiatan ini akan melibatkan kurang lebih 20 anggota dari tim Persani. Tim ini akan hadir di setiap desa dalam perannya masing. “Saat ini Persani sendiri sedang menunggu konfirmasi dari desa, karena surat pemberitahuan sudah dikirimkan ke desa-desa yang”, tutup serafina.

Untuk diketahui bahwa, sosialisai ini akan dilakukan di 11 desa di lima kecamatan di Kabupaten Kupang. Ke-11 desa ini juga merupakan desa dampingan Persani dalam beberapa program. Salah satu program yang masih dilakukan Persani adalah website desa untuk ke-11 desa itu. Ke-11 desa itu antara lain, Desa Mata Air, Noelbaki, Oelnasi, Oelpuah, Tanah Merah, dan Oebelo di kecamatan Kupang tengah. Selanjutnya, Desa Oesena di Kecamatan Amarasi. Kemudian, Desa Oelomin di Kecamatan Nekamese, Desa Letbaun di Kecamatan Semau, dan Desa Uiboa di Kecamatan Semau Selatan. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top