HUKUM & KRIMINAL

Bupati Malaka Harus Perketat Izin Pengeluaran Kayu

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka harus memperketat izin pengeluaran kayu keluar dari Malaka guna mengeliminir pencurian kayu atau illegal logging di Io Kufeu dan Laenmanen. Disinyalir, maraknya pencurian kayu jati pada kedua daerah itu lantaran longgarnya pemberian izin penebangan dan angkutan kayu dari pemerintah.
Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi II DPRD Malaka, Wendelinus Taolin di Betun, Selasa (8/3).

Ilustrasi illegal logging

Ilustrasi illegal logging

Pihaknya sudah mengecek di lapangan dan ada indikasi kuat kayu-kayu itu bisa lolos keluar Malaka lantaran mudah mendapatkan izin penebangan dan pengangkutan kayu. Diharapkan bupati dan wakil Bupati Malaka bisa respons dan menertibkan pemberian izin angkut kayu keluar Malaka, karena berpotensi mengangkut kayu hasil curian di areal hutan larangan.

Dia juga meminta kepada pemerintah untuk menambah petugas penjagaan hutan supaya bisa mengeliminir pencurian kayu di hutan larangan. “Kalau pemerintah tidak cepat mengambil langkah, maka kayu-kayu di lokasi hutan larangan bisa habis dirambah dan dicuri oknum yang tidak bertanggung jawab. Yang jelas sistim pengawasan hutan perlu diatur pemerintah termasuk memperketat pemberian izin penebangan dan pengangkutan kayu jati keluar Malaka,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top