RAGAM

Jeriko dan Venna Melinda Minta Guru Tinggalkan Pola Kekerasan dalam Mendidik

JAKARTA, Kilastimor.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) makin tegas dan tidak main-main dalam mencegah tindak kekerasan kepada siswa di sekolah. Bahkan terhadap guru sekalipun, diancam dengan pemotongan tunjangan profesi guru (TPG) sampai pada pencopotan sebagai pendidik, bila guru suka main pukul murid dan siswa.
Sikap tegas dan ancaman tersebut terdapat dalam regulasi pencegahan dan penanggulangan kekerasan di lingkungan sekolah itu tertuang di dalam Permendikbud RI Nomor 82 Tahun 2015.

Jefri Riwu Kore

Jefri Riwu Kore

terkait hal itu, Jefri Riwu Kore (Jeriko), Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan meminta pihak Kemendikbud perlu menyiapkan regulasi teknis pemotongan TPG. “Saya dukung langkah Kemendikbud menerbitkan regulasi pencegahan dan penanggulangan kekerasan di lingkungan sekolah yang tertuang dalam Permendikbud RI 82/2015, termasuk ancaman pemotongan TPG bagi guru. Tapi ketentuan teknis pemotongan tunjangan itu belum ditetapkan,” jelas Kandidat Walikota Kupang di ruang rapat Komisi X DPR RI kemarin usai sidang bersama Badan Statistik Nasional beberapa hari lalu.

Senada dengan Jeriko, Anggota Komisi X DPR Venna Melinda yang ikut dalam diskusi mengatakan, zaman sekarang sudah berubah. Jadi wujud penjatuhan sanksi atau hukuman juga harus berubah. ’’Dulu dihukum berdiri dengan satu kaki, mungkin sudah biasa. Tetapi sekarang harus ada pendekatan berbeda,’’ kata politisi Partai Demokrat itu.

Venna berharap sosialisasi anti kekerasan atau perundungan (bully) terhadap siswa di sekolah dijalankan secara massif. Dia mencontoh sosialisasi anti narkoba di sekolah yang sudah begitu massif. Venna berharap sosialisasi anti kekerasan di sekolah sama masifnya seperti anti narkoba di sekolah. Dia menjelaskan inti dari pemberian hukuman adalah efektivitas. Venna khawatir jika ada guru yang memberikan hukuman gaya lama, justru tidak efektif dalam memberikan pelajaran kepada siswanya. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top