RAGAM

Kasek Dilarang Buka Sekolah Kelas Jauh dan Rekrut Tenaga Guru

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Sekolah (Kasek) tidak boleh membuka sekolah kelas jauh. Pembukaan sekolah baru hanya boleh dilakukan sesuai aturan dan melalui Pengkajian Dinas PKPO serta mendapatkan persetujuan Bupati. Hal itu disampaikan, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam rapat koordinasi dengan kasek dan jajaran dinas Pendidikan Malaka di Betun, Sabtu (5/3).

Logo Pemkab Malaka

Logo Pemkab Malaka

Mulai hari ini tegasnya, kasek tidak boleh membuka sekolah kelas jauh karena itu bukan kewenangan kepala sekolah. Kasek juga tidak diperkenankan merekrut tenaga guru atau tenaga apapun di sekolah negeri, karena harus dikaji sesuai kebutuhan dan kompetensi yang ada. Sekolah yang belum memiliki izin operasional juga harus ditutup termasuk sekolah yang sudah memiliki izin operasional namun belum memiliki kasek definitif tidak diperkenankan menerima siswa baru dalam tahun ajaran baru. Para siswa bisa dialihkan ke sekolah induk atau sekolah lain terdekat.

Dikatakan, sekolah yang memiliki izin operasinal dan masih juga tidak layak karena tidak memiliki gedung sendiri dan guru yang tidak memadai maka harus ditutup. Alokasi kuota penerimaan siswa baru juga harus ditentukan kabupaten. Hitung kebutuhan guru sesuai keadaan murid yang ada dengan jurusan-jurusannya.

Kepala sekolah tidak boleh merekrut tenaga sukarela guru. Guru akan direkrut pemerintah sesuai kebutuhan dan akan didanani pemerintah. Komite sekolah juga tugasnya hanya membantu kelancaran tetapi tidak memiliki kewenangan memutuskan. Kewenangan itu hanya ada pada kepala daerah. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top