RAGAM

Klau: Jalan Herman Herry Hanya Sebutan Spontanitas Masyarakat

BETUN, Kilastimor.com-Pemberian nama jalan Herman Heri di Loomota-Desa Umatoos-Kecamatan Malaka Barat, Malaka, NTT merupakan spontanitas masyarakat yang sering memanfaatkan jalan itu. Sampai sekarang warga lebih mengenal jalan Herman Herry (HH) ketimbang nama-nama lain. Jalan itu merupakan urat nadi para nelayan Besikama yang sering melaut menuju Pantai Abudenok. Menurut warga Besikama, pemberian nama itu secara spontan oleh warga, karena jalan itu dikerjakan Herman Heri, Anggota DPR RI saat mau maju lagi dalam pileg DPR RI beberapa tahun lalu.
Hal itu disampaikan Tokoh Masyarakat Desa Umatoos, Karlus Klau kepada wartawan di Besikama, Senin (20/3).

Inilah ruas jalan menuju Pantai Abudenok.

Inilah ruas jalan menuju Pantai Abudenok.

“Memang sejarah dibukanya jalan itu atas usulan masyarakat kepada Herman Heri Anggota DPR RI, supaya akses jalan bagi masyarakat dan nelayan ke Pantai Abudenok mudah. Dulunya, tidak ada jalan yang melintasi daerah itu, karena penuh dengan tanaman bakau. Mengingat sulitnya nelayan melaut karena beratnya medan, maka masyarakat melihat peluang bargaining dengan HH supaya bisa mengerjakan jalan itu dengan perkerasan dan imbalannya ya menggolkan HH dalam pileg DPR RI,” katanya.

Herman Herry katanya, melihat itu sebagai peluang dan menangkap peluang itu dan jalan itu dikerjakan. Sampai saat ini jalan itu tetap digunakan masyarakat luas menuju pantai Abudenok untuk sekedar rekreasi atau membeli ikan. Para nelayanpun sangat senang karena melalui pembukaan jalan itu bisa melancarkan usaha mereka dibidang penangkapan dan pemasaran ikan hasil tangkapan. Dulu, pembukaan jalan menuju Pantai Abudenok diusulkan setiap tahun melalui Musrenbangdes dan Musrembangcam bahkan kabupaten. Tetapi usulan selalu kandas saat Musrebangkab di Belu dulu.

Karena sering tidak diakomodir usulan dalam musrenbang, maka saat ada peluang Pileg DPR RI, masyarakat Besikama meminta Herman Herry membuka akses jalan ke Abudenok dan hal itu disetujui dan dibangun dengan dana milik pribadi HH. Sejak saat itu warga sering menyebut ruas jalan Umatoos-Abudenok dengan nama jalan Herman Herry hingga saat ini. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top