RAGAM

Masyarakat Belu-Malaka Diminta Jaga Kamtibmas pada Masa Paskah

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Belu siap mendukung kegiatan Operasi Semana Santa Turangga 2016, yang digelar Polres Belu dalam mengamankan prosesi hari raya Paskah di Belu, Indonesia dan Timor Leste.

Dialog interaktif dalam rangkah Paskah.

Dialog interaktif dalam rangkah Paskah.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan dalam dialog interaktif yang digelar RRI Atambua bersama Wakil Bupati Malaka, Kapolres Belu dan Dandim 1605/Belu usai acara apel gelar pasukan di Lapangan Umum Atambua, Jumat (18/03) kemarin.

Menurut Ose, guna mendukung operasi tersebut Pemkab akan mengeluarkan surat kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa agar selalu siap mengamankan perayaan Paskah mulai dari prosesi awal hingga akhir.

“Mereka akan terlibat langsung bersama dengan pastor paroki dan bisa mengendalikan setiap prosesi perayaan Paskah di paroki masing-masing,” ujar dia.

Lanjut Ose, kita akan memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Belu juga akan menyurati surat kepada agama lain dengan maksud saling menjaga dan mengromati, demikian juga dengan perayaan agama-agama lain di wilayah belu kita akan saling membantu menjaga keamanan serta kelancaran selama perayaan berjalan.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Malaka, Daniel Asa menyampaikan, pada prinsipnya Pemkab mendukung sepenuhnya kegiatan operasi Semana Santa di pekan suci perayaan paskah di wilayah Malaka mulai dari awal hingga akhir prosesi.

Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Mochammad Nanang Nazmudin menuturkan, sesuai undang-undang TNI siap membantu Pemerintah dan Kepolisian dalam mendukung kamtibmas. “TNI dari kesatuan Kodim Belu siap membantu Pemkab Belu dan Malaka serta Kepolisian dalam pengamanan perayaan paskah yang akan berlangsung,” ujar Nanang.

Baca Juga :   Berupaya Raih Opini WDP, Pemkab Malaka Terus Benahi Aset dan Temuan BPK Lainnya

Kapolre Belu AKBP Dewa Putu Gede Artha tambahkan, sesuai surat edaran petinggi Polri dilarang membunyikan petasan, menggelar perjudian, miras serta kenalpot kendaraan motor selama perayaan paskah berlangsung.

“Selama perayaan paskah berlangsung tidak ada suara-suara, bunyi mercon seperti perayaan Natal kali lalu. Kita akan melakukan penertiban dalam operasi selama satu minggu kedepan. Sehingga perayaan paskah di Belu dan Malaka bisa berjalan aman dan lancar,” tegas dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top