EKONOMI

Masyarakat Malaka Perlu Dipersiapkan Jelang Pelaksanaan Program Revolusi Pertanian

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka sebelum melaksanakan Program Revolusi Pertanian, perlu menyiapkan masyarakat guna menerima program itu secara baik. Pemerintah juga harus menyiapkan sarana prasarana yang memadai dan pemasaran hasil pertanian.
Demikian hasil diskusi Immala Kupang dalam acara coffee Morning di Sekretariat Immala, Jumat (18/3).

Immala Kupang

Immala Kupang

Ketua Immala Kupang, Alfridus Pascalius Nahak kepada wartawan dari Kupang mengatakan, pihaknya sangat mendukung gerakan rovolusi pertanian di Malaka karena bertautan dengan kebutuhan dasar masyarakat. “Kita harapkan program itu berjalan sukses. Kita minta supaya pemerintah menyiapkan masyarakat sebelum program itu dilaksanakan,” jelasnya.

Revolusi pertanian akan menyerap tenaga kerja sehingga masyarakat harus dihimbau tidak meninggalkan daerahnya bekerja diluar Malaka. Pemerintah juga harus memperbaiki semua saluran irigasi baik saluran primer, sekunder dan terasier sehingga persoalan irigasi jangan jadi kendala. “Air merupakan masalah yang saat ini dihadapi masyarakat Malaka karena belum ditata baik. Pemerintah harus bisa memperbaiki semua saluran yang rusak termasuk membangun saluran tertier sehingga air benar tiba di lahan masyarakat,” katanya.

Pemerintah juga diminta menyiapkan lembaga ekonomi mikro guna menampung hasil produksi masyarakat. Kalau hasil produksinya limpah dan over produksi maka hasil produksi itu harus dijual melalui lembaga ekonomi yang menangani masalah itu. “Kita tidak inginkan hasil produksi masyarakat itu dijual dengan harga murah dan merugikan petani. Pemerintah juga perlu menyiapkan kelembagaan kelompok tani, penataan lahan berdasarkan komoditi pertanian mutlak dilakukan supaya tidak terjadi perang antar komoditi,” pungkasnya. (boni)

Baca Juga :   Gagal Tes CPNS 2015, Honorer K2 Langsung Diberhentikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top