RAGAM

Minimalisir Luapan Banjir Benenain, Pemkab Malaka Pastikan Bangun Tanggul Darurat

BETUN, Kilastimor.com-Penanganan masalah banjir Benenain yang menggenangi lima desa di Malaka harus dilakukan secepatnya dan tidak boleh ditunda. Besok, Kamis (3/3). Dinas PU harus segera melakukan tindakan penanggulangan dengan membangun tanggul darurat, agar warga terhindar dari terjangan banjir bandang Benenain.

Bupati Malaka, DPRD dan Dinas PU dan Camat Malaka Tengah memantau daerah genangan banjir.

Bupati Malaka, DPRD dan Dinas PU dan Camat Malaka Tengah memantau daerah genangan banjir.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat mengunjungi lokasi luapan banjir di Manumutin Barubit, Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, NTT, Rabu (3/3) mengatakan, kedatangan dirinya bersama anggota DPRD, bersama camat serta kepala desa, untuk melihat titik luapan air banjir bandang. “Kita mendapatkan laporan langsung warga dan kemarin kita sudah meminta camat, kades dan Kadis Sosialnakertrans meninjau beberapa desa yang digenangi banjir.Tadi kita datang dengan Sekretaris Dinas PU Malaka dan kita membutuhkan penanganan cepat,” bilangnya.

Dijelaskan, strategi penanganan saat ini menggunakan metode temporery solution. Secara teknis tadi PU jelaskan dengan konsep normalisasi kali tetapi kalau masih meluap lagi langkah kedua membuat tanggul darurat dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Kita harus lakukan itu dalam waktu dekat sehingga bisa selamatkan warga selama musim penghujan tahun ini.

Tahap kedua, digunakan strategy permanen solution dimana pada musim kemarau tahun ini perlu dibangun tanggul permanen untuk menyelamatkan warga dri terjangan banjir bandang di musim hujan. “Kemarin saya sudah cek anggaran tanggap darurat tetapi anggaran tidak cukup, sehingga pemerintah akan mengambil langkah lain. Pememrintah akan berkoordinasi dengan pimpinan DPRD Malaka meminta anggaran mendahului perubahan anggaran. Ini penanganan darurat supaya rakyat tidak boleh terganggu. Itu prosedur administrasi negara yang harus dilakukan guna mengatasi persoalan yang dihadapi,” tandasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top