EKONOMI

Musrembangkab Belu, Ada 2.057 Usulan Program dan Kegiatan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Setelah melalui proses Musrenbangdes, Musrenbangcam, Pemkab Belu menggelar Musrenbangkab. Bupati Belu, Willybrodus Lay resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrembangkab) Belu tahun 2016, di gedung Betelalenok, Selasa (29/03).
Kegiatan bertajuk mendorong pembangunan infrastruktur dalam rangka penguatan dan pemberdayaan ekonomi lokal serta daya saing daerah akan berlangsung selama dua hari tanggal 29-30 Maret.

Murenbangkab Belu

Murenbangkab Belu

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan, Ketua DPRD Belu, Januaria W Berek, Sekda Belu, Petrus Bere, Kepala Bappeda NTT diwakili, Agustinus Fahik, Uskup Mgr. Dominikus Mali, Pimpinan Forkompinda, Pimpinan SKPD, Pimpinan BUMN, tokoh agama. Tokoh adat, tokoh masyarakat, LSM, para Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Ketua Panitia diwakili Sekretaris Bappeda, Jhoni Marthins dalam laporannya mengatakan, maksud kegiatan Musrembangkab sebagai bahan penyusunan RKPD kabupaten Belu tahun 2017 dengan melibatkan pelaku perencanaan yaitu SKPD serta para pemangku kepentingan.

Selain itu sebutnya, menyelaraskan koordinasi lintas pelaku pembangunan guna menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan guna mengoptimalkan partisipasi masyarakat serta menjamin terciptanya pembangunan yang berkelanjutan efisien, efektif dan berkelanjutan dalam kurun waktu satu tahun kedepan.

“Tujuannya guna merumuskan dan menetapkan usulan dan masukan yang positif berupa program dan kegiatan dari masing-masing kecamatan dan SKPD. Selain itu mencipatakan kepastian dan sinergitas perencanaan program kegiatan pembangunan antar wilayah, antar sektor pembangunan dan antar tingkat pemerintah serta mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam perencanaan alokasi sumber daya alam dalam pembangunan daerah,” ujar dia.

Baca Juga :   Pemerintah Desa Kleseleon Bantu Empat Kelompok Usaha

Adapun total usulan kegiatan sebanyak 2.057 yang terdiri dari, usulan musrembangdes/kelurahan sebanyak 373, usulan musrembang kecamatan sebanyak 120, usulan kegiatan yang bersumber dari dana APBD 2 sebanyak 1.539, usulan dengan jumlah dana Rp 433.768.192.740 dengan rincian sebagai berikut, bidang ekonomi sebanyak 273 usulan jumlah dana Rp 79.808.936.700 didominasi oleh usulan dari Dinas Pertanian.

Bidang fisik prasarana sebanyak 191 usulan kegiatan jumlah dana Rp 183.251.555.618 didominasi oleh usulan dinas PU dan Perumahan serta bidang sosial budaya sebanyak 1.075 usulan kegiatan dengan jumlah dana Rp 170.707.700.422 didominasi oleh usulan dari dinas Kesehatan dan RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD.

“Kegiatan yang bersumber dari dana APBD Provinsi sebanyak 9 usulan dengan jumlah dana Rp 162.516.500.000, kegiatan yang bersumber dari dana APBN sebanyak 19 usulan dengan jumlah dana Rp 1.887.300.018.080. Total usulan kegiatan 2017 (APBD 2, 1 dan APBN) 1.564 usulan dengan jumlah total dana Rp 2.483.584.710.820,” sebut Jhoni.

Bupati Belu, Willy Lay dalam sambutan Gubernur NTT yang dibacakannya menyampaikan, musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ini sebagai forum untuk mengintegrasikan dan menseleraskan kebijakan pusat dan daerah dengan aspirasi masyarakat.

“Sehingga diharapkan musrenbang ini berjalan lebih optimal dalam perkuat pembangunan di wilayah perbatasan Belu dan meningkatkan sinergi pembangunan pusat dan daerah,” ujar dia.

Dikatakan, pembangunan yang tidak menciptakan ketimpangan yang lebar dan tidak merusak lingkungan masyarakat tetap pembangunan yang dilaksanakan berjalan dalam arah yang cukup baik dari waktu ke waktu. Oleh karena itu fokus terintegrasi agar mampu merubah kemisikinan yang semakin tinggi.

Baca Juga :   Besok, KASAD Kunjungi Belu guna Meninjau Perbatasan RI-RDTL

“Komitmen dan keterpaduan tetap berlanjut kedepan demi pembangunan masyarakat NTT yang lebih baik. Pastikan pembangunan berdampak pesat bagi masyarakat demi kesejahteraan diberbagai bidang,” pinta Lay. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top