RAGAM

Pemkab Malaka Dirikan Posko Kesehatan untuk Tangani Korban Banjir

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka mendirikan posko kesehatan dengan memanfaatkan puskesmas dan pustu di wilayah banjir. Pemda juga melakukan sanitasi dan proteksi terhadap sumur masyarakat guna menjaga penggunaan air bersih untuk konsumsi, serta terus memantau pergerakan banjir yang menerjang lahan masyarakat. Hal itu disampaikan Plt Asiten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran di Betun, Selasa (1/3).

Tampak Plt Asisten II, Petrus Bria Seran, anggota DPRD Malaka dan petugas kesehatan siaga di posko banjir.

Tampak Plt Asisten II, Petrus Bria Seran, anggota DPRD Malaka dan petugas kesehatan siaga di posko banjir.

“Kami bersama camat dan kepala desa yang diterjang banjir bandang sudah mengelilingi desa-desa yang terdampak banjir Benenain. Petugas kita di lapangan masih mencatat apa saja dampak yang ditimbulkan dari banjir yang datang semalam. Kita sudah mengelilingi seluruh desa ternyata tingginya banjir kiriman berkisar dari 40 hingga 50Cm yang memasuki perkampungan penduduk dan lahan masyarakat,” terangnya.

Petugas tambah dia, masih mencatat dan dalam waktu dekat sudah ketahui kondisi yang sebenarnya. Pemerintah juga sudah melakukan antisipasi dengan membuka posko untuk pelayanan kesehatan terutama dampak ikutan seperti sakit diare dan gatal-gatal. Petugas dilengkapi dengan obat-obatan sudah disiapkan di lapangan guna melayani masyarakat yang terdampak banjir. Untuk air bersih, sudah melakukan antisipasi dengan memberikan obat kaporit pada semua sumur di semua desa yang terdampak banjir. “Kita yakin airnya masih layak konsumsi dan higienis. Pasalnya, pada beberapa wilayah yang rentan banjir sudah dibangun sumur tahan banjir. Kita akan terus memantau sehingga apabila masih ada banjir susulan yang lebih besar maka kita sudah menyiapkan untuk pengadaan air bersih,” katanya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top