RAGAM

PNTL Prioritas Kerja Sama dengan Polri

DILI, Kilastimor.com-Policia Nacional De Timor Leste (PNTL) memprioritaskan kerja sama antara Polisi Republik Indonesia (Polri) yang diwakili Polda NTT, sebagaimana tertera dalam MoU pada tahun 2015 lalu.

Kom

Julio Da Costa Hornay

Commandante Geral Commisario Policia Nacional De Timor Leste (PNTL), Jenderal Julio Da Costa Hornay menyampaikan hal itu kepada media usai upacara peringatan HUT ke-16 PNTL, di lapangan Akademi Kepolisian Timor Leste-Dili, Senin (28/03/2016).

“Kita prioritas kerja sama dan tindaklanjuti MoU yang sudah ada antara Polisi Indonesia dan Timor Leste,” ujar Hornay.

Menurut Hornay, banyak hal yang sudah dilakukan pihak Polisi Timor Leste dan Indonesia dalam kerja sama tersebut, baik terkait masalah penyelundupan di perbatasan, maupun pendidikan atau kursus-kursus lain yang bisa dilakukan di Kupang atau Jakarta.

“Akan kita tindaklanjuti dan akan koordinasi dengan Kapolda untuk bicarakan ditingkat pusat tentunya dengan Mabes Polri untuk kerja sama lain pada masa yang akan datang,” tutur dia.

Dikatakan, pihaknya akan terus tingkatkan kerjasama antara Polisi Timor Leste, Polri serta TNI dalam menangani penyelundupan narkoba, masalah-masalah lintas batas baik kendaraan yang dicurigai bermasalah. Apabila ada temuan di batas maka pihaknya akan melakukan perundingan, seperti halnya yang diamankan Polres Bobonaro berhasil menangkap satu unit kendaraan sepeda motor pekan lalu.

“Kita juga butuh data-data dari Polri terkait kendaraan yang hilang. Kita akan sinkronkan dengan data yang kita miliki, apabila datanya sesuai maka akan diproses untuk dikembalikan. Demikian juga Polisi Timor Leste mencegah masalah dibatas memiliki data yang sesuai,” terang Hornay. (yan)

Baca Juga :   HUT ke-70, TNI Harus Dekat dengan Rakyat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top