RAGAM

Rayakan Jumat Agung, Ribuan Umat Katholik Gelar Jalan Salib Hidup di Gua Maria Toro

ATAMBUA, Kilastimor.com-Ribuan umat Katholik di Paroki Katedral Sta.Maria Imaculata Atambua di Kabupaten Belu, Perbatasan Indonesia dan Timor Leste menggelar jalan salib hidup di Gua Toro, Tulamalae, Jumat (25/03/2016) pagi.

Tablo di Gua Maria Toro, Atambua.

Tablo di Gua Maria Toro, Atambua.

Jalan salib hidup merupakan salah satu tradisi penting dari perayaan Pekan Suci bagi seluruh umat Gereja Katolik di dunia. Prosesi jalan salib hidup dilaksanakan untuk mengenang sengsara dan wafatnya Yesus Kristus sang juru selamat di kayu salib.

Jalan salib hidup mengenang sengsara dan kematian yesus kristus dilakukan pada Jumat Agung, sebelum hari raya Paskah yang diyakini umat Kristiani sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus.

Pantauan media ini, umat Katholik dari berbagai lingkungan Paroki Katedral yang memenuhi kompleks Gua Maria Toro itu kusuk dalam doa sambil menyaksikan prosesi jalan salib hidup atau tablo. Umat pun meneteskan air mata tatkala menyasikan Yesus Kristus disiksa memikul kayu salib, dicambuk, diludahi para algojo-algojo mulai dari prosesi perhentian pertama hingga akhir.

Prosesi jalan salib hidup mengenang wafatnya Yesus Kristus di kayu salib itu, diperankan Tablo dari orang muda katholik (OMK), THS-THM Gereja Katedral Atambua mengelilingi kompleks Gua Maria Toro itu dimulai dari pukul 08.00 hingga 10.35 Wita dan berjalan aman serta lancar dengan pengawalan ketan dari pihak gereja dan aparat kemanan Polres Belu.

Selain dihadiri ribuan umat Katholik Paroki Katedral Atambua, prosesi jalan salib hidup itu dihadiri juga biarawan serta biarawati dalam lingkungan Paroki Katedral Sta.Maria Imaculata Atambua.

Informasi yang berhasil dihimpun, rangkaian prosesi jalan salib hidup mengenang sengsara dan wafatnya Yesus Kristus di kayu salib itu juga dilakukan oleh umat Katholik di beberapa Paroki Fatubenao, Kapela Halituku (Tukuneno) serta beberapa paroki lainnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top