NASIONAL

RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD dan RSPP Betun Dapat Ambulans

JAKARTA, Kilastimor.com-DPR RI dan pemerintah pusat terus memberi perhatian terkait pembangunan fasilitas kesehatan di NTT. Selain pembangunan fasilitas pusat kesehatan di desa dan kecamatan, pemerintah dan DPR RI terus mendorong pembangunan rumah sakit berkelas dan menjadi rumah sakit rujukan.

Anggota Komisi IX, DPR RI, Charles Mesang kepada media ini, disela-sela menerima Bupati Belu, Willybrodus Lay, di ruang kerjanya, Selasa (15/3) menjelaskan, saat ini, rumah sakit rujukan ?ªsíh terbatas yakni di NTT yakni RSUD W.Z. Johannes Kupang. Kedepan, pihaknya mendorong pembangunan di RS. Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua, dan sejumlah RS lainnya.

Charles Mesang

Charles Mesang

Khusus RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua, paparnya, telah dibangun gedung sebagian gedung yang representatif. Namun belum selesai semuanya dari desain yang ada, karena pembangunan bersifat multi years. Pihaknya kata Mesang, akan memperjuangkan anggaran lagi, sehingga pembangunan RS tersebut benar-benar tuntas, dengan dilengkapi fasilitas modern.

RSUD tersebut lanjutnya, akan menjadi Rumah Sakit (RS) rujukan dari TTU, Malaka termasuk Timor Leste. Karena itu, sepantasnya dilanjutkan hingga tuntas. “Kita akan perjuangkan anggaranya, supaya dibangun sampai tuntas. Saya sayangkan, dua tahun lalu, kontraktor tidak bisa selesaikan sebagian rumah sakit itu sesuai kontrak,” tuturnya.

Masih menurutnya, pada tahun ini, dirinya sudah mengusulkan pengadaan sejumlah ambulans kepada Kementerian Kesehatan dan telah disetujui bersama. “Saya tidak hafal totalnya berapa unit untuk NTT. Yang saya ingat RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, dan RSPP Betun masing-masing dapat satu unit.

Pada kesempatan itu, dia meminta Pemerintah Daerah di NTT proaktif menyampaikan kebutuhan pembangunan fasilitas kesehatan kepada pihaknya maupun Kemenkes, sehingga dibahas bersama dan disetujui. “Kita komit bangun fasilitas kesehatan di NTT,” pungkas politisi Golkar, yang duduk di Senayan selam lima periode itu. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top