RAGAM

Save the Children Perkuat PAUD dan Pendidikan Dasar di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Save the Children melalui Yayasan Sayangi Tunas Cilik berkomitmen membangun kerja sama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Malaka, dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Yayasan ini hadir bukan untuk merubah program pemerintah, tetapi hadir sebagai mitra untuk melengkapi apa yang belum dilakukan pemerintah terutama daerah yang terpencil dan belum dijangkau secara optimal. Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Selina Patta Sumbung di Betun, Selasa (1/3).

Save the Children

Selina Patta Sumbung

“Kita adalah Yayasan Nasional yang bernaung didalam Save the Children dan melebarkan sayap ke Malaka untuk melihat dari dekat kondisi pendidikan di Malaka, NTT, sekaligus bersilaturahmi dengan pimpinan wilayah yang dikunjungi. Sebagai pimpinan nasional yayasan ini, pihaknya akan memberikan fokus perhatian di wilayah Indonesia Timur khususnya di NTT dan NTB, karena tingkat kematian ibu dan anak masih tinggi, termasuk nutrisi termasuk paling rendah di Indonesia. “Kita hadir disini bukan untuk merubah program pemerintah tetapi kita hadir sebagai mitra untuk melengkapi apa yang belum dilakukan pemerintah, terutama pada daerah yang masih jauh dari perhatian pemerintah,” sebutnya.

Kehadiran pihaknya untuk menselaraskan program yayasan dengan program yang dilaksanakan pemerintah. Pihaknya juga akan melihat apa saja yang belum dilakukan pemerintah, maka yayasan akan membantu sehingga kehadiran yayasan saling melangkapi.

Senior Eastern Indonesia Manager, Silverius Tasman R. Muda kepada wartawan mengatakan, pihaknya sudah mengembangkan sayap dan kegiatan pada beberapa Kabupaten di Propinsi NTT yakni Sumba Barat, Sumba Tengah ,Kabupaten Kupang, TTU, Belu dan Malaka, terutama pada bidang pendidikan. Ada dua program yang diusung yakni PAUD dan pendidikan dasar. Dibidang PAUD, pihaknya tidak buka proyek baru tetapi bersinergi dengan program pemerintah yang sudah berjalan. Kalau pemerintah sudah bangun PAUD maka difokuskan pada peningkatan mutu PAUD yang dibangun, seperti peningkatan mutu tenaga pengajar PAUD. Dibidang pendidikan dasar kita memastikan kualitas pendidik sehingga bisa mempersiapkan keaksaraan anak-anak kelas I sampai dengan kelas III SD, sehingga anak-anak bisa membaca dengan baik. “Kita juga melakukan training bagi guru-guru kelas I sampai III, serta memperkuat management sekolah,” timpalnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top