RAGAM

Tidak Layak, Pemkab Malaka Tutup SMAN Weliman SMAN Kelas Jauh Fafoe

BETUN, Kilastimor.com-Ketegasan Bupati/Wabup Malaka menertibkan pendirian sekolah mulai ditunjukan. Sekolah Menangah Atas Negeri (SMAN) Weliman di Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka ditutup. Selain itu SMAN Kelas Jauh Fafoe-Kecamatan Malaka Barat juga harus ditutup. Kedua sekolah diatas dinilai tidak memenuhi persyaratan karena tidak memiliki izin operasionan, tidak memiliki fasilitas gedung serta sarana lainnya. Kalau dibiarkan bisa menjadi momok dan preseden buruk bagi pendidikan di Malaka.
Hal itu disampaikan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dalam pertemuan para kasek SMA dan SMP se-Malaka di Betun, Sabtu (5/3).

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Dikatakan, pihaknya terpaksa harus menutup kedua sekolah ini, karena tidak memenuhi persyaratan sama sekali. Sekolah itu tidak memiliki fasilitas gedung, tidak mengantongi izin operasional dan tidak ditunjang guru yang memadai. Pihaknya juga masih mengevaluasi kembali beberapa sekolah yang selama ini berstatus kelas jauh, dan sudah memiliki izin operasional namun tidak ditunjang ketersediaan fasilitas pendidikan dan guru yang memadai.

Kalau dalam kajian masih bisa diperbaiki tuturnya, maka akan dilakukan perbaikan dan pembenahan. Kalau tidak bisa diperbaiki maka harus ditutup sehingga tidak berdampak buruk bagi masyarakat setempat. “Kita bangun sekolah harus benar-benar dikaji sehingga bisa memenuhi syarat. Kalau asal bangun memang agak susah untuk membangun SDM yang handal. Kita harus tegas. Kita akan tertibkan sekolah yang tidak memenuhi syarat,” bilangnya.

Salah satu visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Malaka adalah meletakkan dasar yang kuat dan baik dibidang pendidikan. Kalau tidak tertibkan maka kualitas pendidikan kita akan rendah dan akan menghasilkan output generasi muda Malaka yang tidak berkualitas pula. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top