RAGAM

Bupati Malaka: Siswa Pelapor Guru Curang Dapat Beasiswa

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka akan menegakkan kejujuran dalam pelaksanaan UN tahun 2016. Apabila ada siswa yang berani melaporkan gurunya berbuat curang, dengan memberitahukan jawaban ujian kepada siswa, supaya dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati. Bagi siswa yang melaporkan kecurangan itu, akan diberikan beasiswa.
Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan usai melakukan peninjauan pelaksaan UN di SMAN 1 Malaka Tengah di Besikama, Senin (4/4).

Bupati Malaka memantau siswa yang sedang mengikuti UN.

Bupati Malaka memantau siswa yang sedang mengikuti UN.

“Tadi Saya sudah minta kepada siswa supaya melaporkan kepada bupati dan wakil bupati, kalau ada gurunya curang memberitahukan jawaban kepada siswa saat ujian. Bagi siswa yang berani melapor akan diberikan insentif dengan memberikan beasiswa. Tahun depan kita akan siasati supaya kejujuran itu bisa terjadi di Malaka,” terangnya.

“Kita akan kaji apakah kita akan memasang CCTV pada beberapa kelas yang melaksanakan ujian. Kita juga bisa menyiasati dengan memanfaatkan pengawas independen yang memiliki kredibilitas dan tidak mudah terpengaruh rayuan. Kita sinyalir bahwa selama ini siswa yang mengikuti ujian, tetapi guru yang memberikan jawaban. Saya mau supaya di Malaka tidak terjadi seperti itu,” terangnya.

“Kelulusan 80 persen itu sudah baik. Saya heran karena kelulusan 90 persen dikatakan belum bagus. Memang yang benar 100 persen tetapi jangan menggunakan cara-cara curang. Kita harus kejar kualitas dan bukan kuantitas. Kita harapkan SDM yang berkualitas dan berintegritas. Tahun depan kita akan atur dan tata sistemnya dengan baik sehigga kita bisa mengetahui hasil yang riil,” tambahnya.

Baca Juga :   APBD 2020 Kota Kupang Ditetapkan. Wali Kota Ajak DPRD untuk Awasi Bersama

Masalah kejujuran adalah persoalan nasional. Pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada sekolah yang menurut mereka jujur. Itu berarti ada sekolah yang tidak jujur tho. Sehigga kita harus luruskan mereka yang tidak jujur. Kita akan atur sistemnya untuk menegakkan kejujuran,” tandasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top