HUKUM & KRIMINAL

Diduga Selewengkan Dana BOS, Kasek SDI Nurbasma Dilaporkan ke Inspektorat

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Sekolah SDI Nurbasma, Kornelis Tampani dilaporkan warga Numponi, Malaka Timur, ke Inspektorat Kabupaten Malaka. Kornelis diduga kuat selewengkan dana BOS, untuk membayar anak kandung serta anggota keluarganya yang tidak bekerja di sekolah itu. Kasek dinilai menyalahgunakan kewenangannya membayar orang yang tidak bekerja, sehingga sangat merugikan keuangan daerah dan siswa di sekolah itu.

Dana Bos

Dana Bos

Tiga perwakilan orang tua murid SDI Nurbasma, Adolfus Manuel Sana, Yohanes Saria dan Yoseph Molo Nana kepada wartawan di Betun, Senin (18/4) mengatakan tindakan itu terpaksa diambil untuk menyelamatkan pengelolaan keuangan sekolah, yang sangat merugikan sekolah dan siswa.

“Dana BOS itu dibayarkan kepada anak kandung kasek atas nama Ronaldus C. Tampani yang keseharian tinggal di Manubonu-Desa Takarai-Kecamatan Botin Leobele, dan tidak bekerja sebagai tata usaha SDI Nurbasma. Kita rasa aneh karena Ronaldus kesehariannya tidak pernah masuk kantor, tetapi saat dana BOS cair dirinya datang mengambil jatahnya di sekolah sebagai KTU. Kita juga melaporkan tindakan kasek yang membayar Anselmus Nana Un yang nota bene masih keluarga dekat sang kasek, sebagai pegawai tata usaha yang kesehariannya tidak bekerja namun terima tunjangan saat dana BOS cair.

Baru-baru ini kata mereka, ada pendataan ulang PUPNS di SDI Nurbasma yang bersangkutan tidak bekerja, tetapi kasek malah menyewa tenaga administrasi dari SMPN Satap Obor yang tinggal di Kimbana. Sebagai orang tua siswa kita sudah melaporkan persoalan itu ke Inspektorat Kabupaten Malaka, dan mereka minta supaya persoalan itu diusut tuntas, agar tidak membuat keresahan di sekolah dan orang tua siswa. (boni)

Baca Juga :   Petani Bisa Gunakan Jasa Perbankan untuk Perlancar Usaha
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top