RAGAM

Ferry Kase: Pancasila Merupakan “Way of Life” Bangsa Indonesia

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bagi kebanyakan orang, pastinya telah mengetahui Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Walau demikian, Empat Pilar Kebangsaan gencar disosialisasikan oleh anggota MPR RI. Salah satunya dilakukan anggota MPR-RI dari Fraksi Partai Hanura, Ferry Kase, SH.
Angota MPR RI dari Dapil NTT 2 itu menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan pada 19 April 2016 lalu, di Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh anggota MPR RI, Ferry Kase di Renrua, Raimanuk, Belu.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh anggota MPR RI, Ferry Kase di Renrua, Raimanuk, Belu.

Ferry Kase, SH yang juga Anggota Komisi X DPR-RI, dalam sosialisasi itu, banyak mengupas tentang empat pilar kebangsaan. Sebagai inti pembahasan, Ferry Kase, SH menerangkan, pengamalan Pancasila sebagai ideologi dan nilai-nilai kehidupan berbangsa Indonesia, harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai penunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup di segala bidang.
Karakter bangsa Indonesia yang tercermin dalam setiap butir isi Pancasila, harus tercermin dan terpatri dalam perilaku khususnya kepada para pemuda sebagai penerus bangsa. Para pemuda adalah salah satu penentu masa depan dan kemajuan bangsa dan negara.

Krisis moral yang dihadapi bangsa saat ini paparnya, harus mendapatkan perhatian lebih, untuk menjaga fondasi bangsa. Sangat perlu penguatan pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan ini memperkokoh karakter bangsa dimana warga negara dituntut lebih mandiri, tanggungjawab, dan mampu menghadapi era globalisasi apalagi sekarang kita menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Nilai-nilai Pancasila, harus dipandang sebagai Way Of Life” Bangsa Indonesia karena Pancasila sebagai ideologi bangsa dan pemersatu bangsa Indonesia.

Baca Juga :   Piala Bupati Malaka: Wewiku Taklukan Malaka Tengah 2-1

Berkaitan dengan tugas yang sedang dijalani di Komisi X, Ferry Kase, SH sangat memperhatikan soal pemerataan di bidang pendidikan. Diantaranya soal, ketersediaan layanan pendidikan secara merata di seluruh pelosok nusantara, layanan pendidikan yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Pendidikan yang berkualitas/bermutu dan relevan dengan kebutuhan kehidupan bermasyarakat. Kesetaraan, bahwa layanan pendidikan setara bagi setiap warga negara Indonesia.

Adapun hal lain yang di sampaikan oleh masyarakat yakni, pengembangan daerah, yaitu kebutuhan air untuk pertanian, selain itu program beasiswa harus merata bagi seluruh kalangan masyarakat.

Acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dihadiri tokoh masyarakat diantaranya Kepala Desa Renrua, masyarakat adat serta pemuka agama. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top