HUKUM & KRIMINAL

Penyelundupan 3,3 Ton BBM, 298 Dos Miras dan 2 Unit Sepeda Motor ke Timor Leste Digagalkan Polres Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Tim pemberantas Tindak Pidana Penyelundupan Polres Belu berhasil menggagalkan 3.310 liter liter bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak tanah, 298 dos minuman keras jenis habbuck serta 2 unit kendaraan sepeda motor yang hendak diselundupkan ke negara Timor Leste.

Inilah barang bukti berupa BBM dan miras yang diamankan Polres Belu.

Inilah barang bukti berupa BBM dan miras yang diamankan Polres Belu.

Kapolres Belu AKBP Dewa Putu Gede Artha saat dihubungi media, Selasa (26/04/2016) mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh saat diamankan barang bukti tersebut hendak diselundupkan ke Timor Leste melalui jalur laut di Desa Silawan dan jalur darat di Kobalima, Kabupaten Malaka. Aksi ilegal tersebut berhasil digagalkan tim pemberantas tindak penyelundupan Polres Belu.

Dituturkan, barang bukti selundupan tersebut diamankan dalam waktu dan lokasi yang berbeda. 2.710 liter mitan yang dikemas dalam jergen ukuran 5 liter, 35 liter dan 20 liter diamankan di tiga lokasi yang berbeda, di pesisir pantai, dalam rumah warga dan belakang rumah yang ditutupi dengan semak-semak di Mota’ain, Desa silawan pada Sabtu (23/04) malam. “Satu hari sebelumnya kita sudah amankan 600 liter mitan di Kobalima yang telah dikemas siap di selundupkan ke Suai,” ujar Artha.

Jelas dia, dalam operasi yang berhasil mengamankan sejumlah barang bukti BBM Mitan dipimpin langsung Kabag Ops Polres Belu, AKP Apolonario Da Silva. Selain barang bukti, kedua pelaku pemilik Mitan berinisial F, dan F juga telah diamankan di Polres Belu.
Lanjut Artha, pada Minggu (24/04) pagi sekira pukul 06 Kapolsek Riaihat berhasil mengamankan dua unit kendaraan sepeda motor jenis Yamaha Vixon warna hitam dan putih yang akan dibawa ke Maliana, Timor Leste melalui sungai Nunura secara ilegal dan bersama pelaku MDS dan SG juga telah diamankan.

Baca Juga :   Bupati Malaka: Jadilah Sumber Mata Air bagi Orang Lain

Sementara itu, pada Minggu sorenya di Dusun Weain, Desa Silawan tim yang dibawah pimpinan Kasat Reskrim AKP Jefri Fanggidae berhasil mengamankan sebanyak 3.576 botol miras habbuck senior dalam 298 dos beserta pelakunya berinisial J warga Timor Leste.
“Kita juga sita ratusan jergen kosong ukuran 5,10 dan 20 liter. Untuk para pelaku dikenakan pasal 102, uu no 17 tahun 2006 tentang kepabeanan, UU No. 22 tahun 2001 tentang migas dan UU tentang pangan.

Barang bukti BBM jenis Mitan, dua unit kendaraan sepeda motor Vixon dan 298 dos miras habbuck yang hendak diselundupkan ke Negara Timor Leste bersama pemilik barang telah diamankan di Mako Polres Belu untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Barang bukti Mitan dikemas dalam jerigen berukuran 5 liter sebanyak 265 jerigen, ukuran 20 liter sebanyak 43 jerigen, dan ukuran 35 liter sebanyak 15 jerigen. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top