EKONOMI

Saluran Irigasi Primer di Laran Segera Ditangani

BETUN, Kilastimor.com-Sedimentasi menutupi saluran primer sepanjang 100 meter lebih di Laran-Desa Wehali kecamatan Malaka Tengah, akan segera tangani. Pemda Malaka melalui kewenangan anggarannya akan melakukan penanganan, agar pada saat musim penghujan, material lumpur dan batu tidak menutupi saluran itu sehingga tidak mengganggu irigasi DAS Benenain sayap kiri.
Hal itu disampaikan Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa saat melakukan peninjauan di lokasi longsor, Jumat (22/4).

Inilah saluran primer irigasi DAS Benenain, yang penuh dengan sedimentasi material.

Inilah saluran primer irigasi DAS Benenain, yang penuh dengan sedimentasi material.

“Secara teknis kita akan serahkan kepada Dinas PU untuk melakukan pengkajian dan melakukan tindakan untuk mengantisipasi persoalan diatas. Saluran Primer DAS Benenain sayap kiri memasok air ke wilayah persawahan di seluruh Kecamatan Malaka Tengah dan Kobalima. Kalau tidak ditangani maka setiap musim penghujan akan terjadi timbunan material dan endapan lumpur memenuhi saluran dan pada gilirannya irigasi buntu,” terangnya.

Pemerintah komitmen melakukan perbaikan dan penanganan sehingga dimusim penghujan tidak terjadi penumpukan endapan lumpur pada saluran primer. Pemerintah dalam tahun ini akan menjalankan program revolusi pertanian sehingga penanganan masalah itu tetap menjadi prioritas. Irigasi lancar tentunya program tersebut bisa dijalankan.

Juru Pengairan DAS Benenain Bagian Kiri, Yoseph Bere secara terpisah kepada wartawan mengatakan kejadian itu terjadi setiap tahun. Perlu dikerjakan sistem penyaringan material sehingga pada saat musim penghujan, material berupa lumpur dan batu tidak menimbun saluran primer yang ada. “Apabila penanganan longsor itu bisa ditangani dengan baik maka bisa menyelamatkan tanaman padi milik masyarakat seluas 6.200 hektar tersebar diseluruh Kecamatan Malaka Tengah dan Kecamatan Kobalima,” ungkapnya. (boni)

Baca Juga :   Didukung Empat Partai, Besok Paket SAHABAT Deklarasi di Lapangan Umum
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top