EKONOMI

Sensus Ekonomi, Warga Diminta Memberikan Informasi yang Benar

BETUN, Kilastimor.com-Pelaksanaan Sensus Ekonomi di wilayah Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka diharapkan bisa memberikan gambaran kondisi riil yang sesungguhnya di lapangan. Pelaksanaan sensus ekonomi tahun ini khususnya di Malaka Tengah lebih memfokuskan diri di wilayah Desa Wehali sebagai pusat kota Kabupaten Malaka. Semua warga akan disensus dari rumah kerumah. Sementara 16 desa lainnya akan didata secara blok. Warga diminta memberikan informasi yang benar dan akurat supaya hasil yang diperoleh benar optimal.
Hal itu disampaikan Sekcam Malaka Tengah, Laurens Bere usai menyerahkan logistik sensus kepada 20 petugas sensus di Kantor Camat Malaka Tengah, Kamis (28/4).

Sekcam

Laurens Bere

“Semua petugas sudah kita diberi pembekalan dan kegiatan sensus akan dilaksanakan 1 bulan penuh mulai tanggal 1 Mei mendatang. Dalam sensus ekonomi tahun ini, khusunya di wilayah Kecamatan Malaka Tengah akan kita fokuskan di desa Wehali sebagai pusat Kota Betun. Setiap rumah tangga di Desa Wehali akan didatangi petugas sensus dan menjadi basis pendataan petugas,” ujarnya.

“Kita sudah informasikan kepada pengusaha dan masyarakat untuk memberikan data yang benar dan akurat agar pendamping mencatat dengan baik, benar dan akurat. 15 desa lain di Kecamatan Malaka Tengah tetap dilakukan sensus dengan menggunakan sistim blok dimana hanya jalur tertentu saja yang didatangi petugas sensus,” tambahnya.

Melalui data yang diperoleh BPS, katanya, kelak bisa digunakan untuk melakukan perencanaan dibidang ekonomi. “Dengan sensus, kita bisa mengetahui potensi ekonomi, penyebaran setiap sektor ekonomi, sebagai dasar perencanaan pembangunan usaha, untuk menentukan pangsa pasar serta untuk mengetahui jumlah usaha sejenisnya,” tandasnya. (boni)

Baca Juga :   Perse Ende Pastikan Bertemu Persami Maumere di Final El Tari Memorial Cup
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top