RAGAM

Warga Klatun, Malaka, Komit Kembangkan PAUD

BETUN, Killastimor.com-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Demikian pula dengan warga Klatun, Desa Bisesmus, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka, NTT. Warga tersebut bertekat mengembangkan PAUD diwilayahnya guna mendidik anak-anak di wilayah itu.

Melalui PAUD para siswa bisa didik dan dilatih untuk membangun karakter siswa dan mempersiapkan mereka memasuki di TK maupun pendidikan sekolah dasar. Hal itu disampaikan Pendiri PAUD Immaculata, Rosalinda Niis kepada wartawan usai memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa PAUD di Klatun, Jumat (15/4).

Logo PAUD

Logo PAUD

“Kita baru lakukan sosialisasi kepada warga di Klatun terkait pentingnya PAUD bagi anak-anak. Walau kita letaknya jauh dari kota Kabupaten dan termasuk daerah yang agak terpencil namun pendidikan PAUD bagi anak-anak tetap harus kita lakukan guna pembentukan karakter anak supaya bisa menjadi pribadi yang utuh dan cerdas. Kita juga menyiapkan anak-anak supaya mereka siap memasuki pendidikan SD kelak,” katanya.

Disebutkan, PAUD Immaculata didirikan tiga tahun lalu, dan hingga kini tetap beroperasi walau dilakukan secara swadaya. Setiap minggu kita siapkan waktu selama tiga hari untuk melakukan proses KBM dan semuanya masih berjalan dengan baik. Kita masih melakukan sosialisasi karena PAUD masih terasa asing bagi warga Desa Bisesmus, sehingga perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Kita memberikan pemahaman yang baik kepada orang tua siswa agar tetap menyekolahkan anaknya di PAUD sebagai persiapan sebelum memasuki SD.

Baca Juga :   PDUI NTT Bantu Telur dan Masker Bagi Empat Puskemas di Kota Kupang

“Kita inginkan anak-anak kita di desa bisa bersosialisasi dan membina mental anak sejak dini sehingga mereka memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Secara internal kita tetap melakukan KBM secara teratur setiap hari sesuai jadwal. Kita juga melakukan pembenahan internal terkait administrasi PAUD Immaculata dan melakukan pelaporan pelaporan secara teratur tiap bulan ke Kabupaten,” katanya.

“Kita harapkan kedepan PAUD yang sudah dibangun dan dirintis ini dapat berkembang dan mendapatkan perhatian dan dukungan pemerintah. Kita terus melakukan pembenahan dan berharap kedepan bisa mendapatkan izin operasional dari pemerintah, sehingga secara legalitas bisa dipertanggungjawabkan. Kita sadar bahwa PAUD itu sangat penting sebagai sarana mendidik anak usia dini di desa sehingga kita harapkan kedepan ada perhatian dan dukungan untuk mengembangkan PAUD Immaculata di Klatun supaya bisa menjadi lembaga pendidikan anak usia dini yang bermanfaat bagi warga desa Bisesmus,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top