POLITIK

27 Mei, Tahapan Pilwalkot Diluncurkan KPU Kota Kupang

KUPANG, Kilastimor.com-Tahapan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Kota Kupang, resmi diluncurkan 27 Mei 2016 mendatang, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang. Sesuai rencana, peluncuran tahapan Pilwalkot Kota Kupang akan dilakukan di Taman Nostalgia.
Demikian dikatakan, Juru Bicara KPU Kota Kupang, Lodowik Fredik kepada wartawan di ruangkerjanya, Selasa (24/5).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2016 yang ditetapkan pada tanggal 13 April lalu, tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 15 Februari 2017, telah dimulai 1 Mei Tahun 2016. Namun secara resmi tahapan pilkada baru diluncurkan pada 27 Mei nanti.

KPU

KPU

Menurut Fredik, dalam PKPU Nomor 3 tahun 2016, dimulai dengan tahapan persiapan, tahap persiapan awal akan dimulai dengan sosialisasi tahapan pilkada Kota Kupang. Setelah itu, tahapan akan dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).
“Untuk pembentukan PPK dan PPS, KPU akan melakukan perekrutan terlebih dahulu, kemudian dilakukan tes kelayakan, baru setelah PPK PPS dilantik,” katanya.

Kemudian, tambahnya, tahapan persiapan berikutnya yakni, KPU akan melakukan pemutakhiran data pemilih, yang dimulai 6 Agustus hingga 29 November. Setelah itu pada 30 November hingga 17 Desember, KPU akan menetapkan nama-nama yang akan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Usai penetapan DPT, KPU baru akan memasukan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb-1) pada 18 Desember hingga 4 Januari 2017. (ify)

Baca Juga :   Pemkab Malaka Perlu Buat Kajian Komprehensif Soal Benenain
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top