RAGAM

Anak Didik Penting Diberikan Kompetensi dan Skill

KUPANG, Kilastimor.com-Wali Kota Kupang, Jonas Salean saat membacakan sambutan Mendikbud, Anies Baswedan pada upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di Halaman Kantor Walikota Kupang, Senin (2/5/2016) mengatakan, Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya. “Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa,” ujarnya.

Jonas Salean

Jonas Salean

Untuk menciptakan manusia unggul, perlu adanya keterampilan utuh. Adapun keterampilan yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mancakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.
Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. Karakter moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun.

Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang.
“Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang tak jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat,” pungkasnya.

Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literaqsi finansial dan literasi budaya. (ify)

Baca Juga :   Turun Tangan, Bria Seran Tetap Komit Jaga Kebersihan Kantor
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top