HUKUM & KRIMINAL

Aneh, Kayu Asal Malaka, Surat Izin Dikeluarkan Dishut Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Penyidik Polres Belu masih melakukan pengembangan terkait kasus dua kendaraan truk tronton berisi kayu jati asal Kabupaten Malaka yang diamankan Polisi beberapa waktu lalu.

Pasalnya, setelah ditelusuri surat izin kayu jati tersebut dikeluarkan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Belu, sementara kayu berasal dari Kabupaten Malaka.

Inilah tronton yang diamankan Polres Belu.

Inilah tronton pengangkut kayu yang diamankan Polres Belu.

Hal itu dibenarkan Kapolres Belu AKBP Dewa Putu Gede Artha kepada media saat dihubungi, Minggu (22/5/2016).

“Kita akan kembangkan terus kasusnya, karena ada indikasi antara jumlah batang kayu tidak sesuai dengan manifest yang diangkut,” ujar dia.

Menurut Artha, dalam pengambilan keterangan awal kayu tersebut benar berasal dari kebun milik warga. Akan tetapi ada indikasi kayu lain yang ikut diangkut diluar manifest.

“Setelah ditelusuri surat izin dikeluarkan dari Kabupaten Belu, sedangkan kayu jati dari dusun Tualaran, Desa Kereana, Kabupaten Malaka,” papar dia.

Terkait hal tersebut tegas Artha, pihaknya akan kembangkan kasus jati mulai dari atas, dari lokasi kayu diambil. Oleh karena itu akan segera dipanggil Kepala Desa Kereana guna pengembangan lebih lanjut.

“Kita akan panggil pihak Desa terlebih dahulu, setelah itu menyusul Dinas teknis di Belu yang keluarkan suratnya. Kita akan dalami siapa oknum yang tandatangi surat itu, apakah suratnya asli atau palsu,” ucap dia.

Lanjut Artha, tujuan kayu jati asal wilayah Malaka yang diangkut menggunakan dua kendaraan truk tronton tersebut akan dibawa ke Surabaya melalui jalur pelabuhan Atapupu.

Baca Juga :   Sosialisasi "4 Terlalu" Perlu Digelar di Sekolah-sekolah

Untuk diketahui, kayu jati sebanyak 36 kubik yang diangkut menggunakan dua kendaraan tronton diamankan aparat Polres Belu pada Minggu (15/5) lalu di Labur, Kecamatan Raimanuk saat dalam perjalanan dari Malaka menuju Atambua. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top