RAGAM

Bangkitkan Nasionalisme, Pemkab Belu Gelar Festival Lomba Seni Siswa dan Cerdas Cermat

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Belu melaui Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (PPO) Belu menggelar festival lomba seni siswa nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) di Aula Dinas PPO Belu dan lomba cerdas cermat tingkat pendidikan menengah di GOR L.A Bone, Jumat (20/05).

Murid SD menginkuti lomba seni dan budaya.

Murid SD menginkuti lomba seni dan budaya.

Kepala Dinas PPO Patris Asa, melalui Sekretaris, Nunik Widi Wahyuni kepada media mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkain dari peringatan hari pendidikan nasional dan hari kebangkitan nasional yang jatuh hari ini. Kegiatan perlombaan melibatkan generasi muda bangsa dari jenjang pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas sesuai bakat dan minat serta menumbuh kembangkan rasan nasionalisme dalam kehidupan kebangsaan yang berbhineka tunggal ika,” ujar dia.

Jelas Nunik, kegiatan ini juga bertujuan memberikan wadah untuk berkreasi dan menampilkan karya kreatifitas dan inovatif bagi peserta didik dengan mengendepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapt meningkatkan mutu pendidikan.

Lanjut dia, pelajar juga dapat mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik. Meningkatkan kreativitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minta, bakat dan kemampuannya.

“Kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dalam generasi muda bangsa, menumbuhkan jati diribangsa indonesia, memasyarakatkan betapa pentingnya hidup berkonstitusi dikalangan pelajar serta menjalin persatuan dan kesatuan didalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Nunik.

Baca Juga :   Manusia Hendaknya Saling Mengasihi

Kegiatan festival seni meliputi, lomba nyanyi tunggal dan solo, pidato bahasa indonesia, pantomin, kriya ayam, tari kreasi baru, gambar bercerita dan lomba membaca alquran yang telah diseleksi dari 25 gugus tingkat SD. Sementara cerdas cermat 4 pilar kebangsaan melombakan pemahaman materi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dari setiap SMA/SMK yang diwakili 10 orang siswa terbaik.

“Kegiatan ini melatih anak-anak untuk menggali budaya yang ada di belu dan tumbuhkan rasa nasionalisme. Anak-anak bisa tampil di daerah, kita akan tingkatkan lagi sehingga bisa tampil di provnisi lanjut tingkat naisonal. “Target kita yang terbaik bagi generasi masa depan. Melalui kegiatan lomba ini dapat berdampak pada anak-anak sejak dini sehingga bisa mengetahui budaya kita yang sudah dari turun-temurun serta tumbuh rasa nasionalisme dalam diri generasi muda,” harap Nunik.

Asisten II Setda, Belu Marsel Mau Meta dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan itu mengatakan, peserta perlombaan harus junjung tinggi sportivitas. Melalui kegiatan ini, anak-anak mampu kembangkan minat dan bakat serta mengerti dan memahami kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. “Siapapun perwakilan sekolah yang terpilih untuk mewakili Kabupaten berlomba di tingkat propinsi harus tunjukan bahwa orang Belu bisa dan harus harumkan nama rai Belu,” harap dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top