RAGAM

Bebas Visa, Ramai Pelintas Batas RI-RDTL di Pintu Batas Mota’ain

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bebas visa yang diberlakukan oleh Indonesia terhadap Timor Leste beberapa waktu lalu, berdampak pada meningkatnya perlintas warga dari Timor Leste ke Indonesia.

Pelintas batas RI-RDTL diperiksa Satgas Pamtas.

Pelintas batas RI-RDTL diperiksa Satgas Pamtas.

Pantauan media, Selasa (31/5) aktivitas pelintas di pintu Mota’ain meningkat. Sebelum memasuki wilayah Indonesia, warga terlebhi dahulu melewati pemeriksaan standar oleh aparat Satgas Pamtas yang bertugas di pintu Mota’ain, selanjutnya menuju ke Pos Imigrasi.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 725/WRG Letkol Inf. Nurman Syahreda kepada awak media mengaku, memang ada beberapa peningkatan pelintasan seperti wisata atau orang dari Timor Leste ke Indonesia.

“Sebaliknya agak kurang orang dari Indonesia yang melintas ke Timor Leste. Peningkatan pelintas ini dampak dari bebas visa untuk warga Timor Leste,” ujar dia.

“Dalam sehari rata-rata pelintas warga dari Timor Leste ke Indonesia kurang lebih mencapai 100 orang,” tambah dia.

Lanjut Nurman, terkait bulan ramadhan sejauh ini belum ada peningkatkan pelintas, kendari demikian pihaknya akan tetap antisipasi melonjaknya pelintas.
“Jelang ramadhan belum ada peningkatatan pelintas warga muslim, sejauh ini masih normal,” ucap dia.

Sementara itu berdasarkan data pelintas di TPI Mota’ain tahun 2016, jumlah pelintas sejak bulan Januari sampai dengan Maret normal karena masih dikenakan biaya visa. Sementara dalam bulan April dan Mei mengalami peningkatan pelintas orang dari Timor Leste, dikarenakan bebas visa. (yan)

Baca Juga :   BKPSDM Malaka Terus Siapkan Perlengkapan Tes CPNS
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top