RAGAM

Bupati Malaka: Makaraek Diganti karena Bermasalah Sesuai Hasil Pemeriksaan Inspektorat

BETUN, Kilastimor.com-Terkuak sudah dasar pergantian Kaban Pengelola Perbatasan Kabupaten Malaka, Emanuel Makaraek kepada Plt. Yohanes Bernando Seran. Emanuel Makaraek dicopot dari jabatannya karena bermasalah. Makaraek diganti terkait dugaan penyalahgunaan kewenangan sebagaimana temuan pemeriksaan terkait SKPD yang dikelalolanya.

“Saya tindaklanjuti hasil pemeriksaan Inspektorat. Itu hukuman karena melanggar disiplin pegawai negeri dengan kategori berat,” bilang Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan disela acara penyerahan hadiah BI kepada Kelompok Tani Bero Sembada di Desa Kapitan Meo, Kecamatan Laen Manen, Kabupaten Malaka, Rabu (11/5).

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Dikatakan, Ini bukan mutasi biasa, tetapi karena sesuai rekomendasi dari badan pemeriksa terkait hasil pemeriksaan di Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Malaka. Kalau temuannya seperti itu ditindaklanjuti melalui proses pergantian kepala badan, guna melancarkan kegiatan di SKPD yang bersangkutan. Pemerintah tidak asal copot tetapi berdasarkan hasil pemeriksaan inspektorat.

“Pemda Malaka kedepan tetap melakukan pengawasan melekat terkait pengelolaan keuangan di setiap SKPD. Kita Pastikan uang rakyat harus dikelola secara benar sesuai aturan yang berlaku. Pemerintah tidak akan berkompromi dengan SKPD yang bermasalah apalagi kalau tingkat kesalahan diambang batas kewajaran. Kita bisa melakukan pembinaan secara internal bila kesalahannya ringan dan sedang. Kalau diluar kewajaran dan berat maka kita harus ganti supaya tidak menghambat kinerja SKPD yang bersangkutan,” katanya.

Baca Juga :   Catatan Refleksi Menuju Revolusi Pertanian Malaka (1): Penyuluh Pertanian Perlu Dipersiapkan

“Sikap itu diambil sebagai salah satu tekad untuk membangun pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Jabatan itu kepercayaan sehingga setiap pejabat yang dipercaya perlu melaksanakan tugas sesuai koridor aturan yang berlaku. Pejabat yang dipercaya perlu melaksanakan tugas secara bertanggungjawab dan tidak menyalahgunakan kewenangannya untuk melanggar aturan dan hukum yang berlaku,” tandasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top