RAGAM

Daerah Perbatasan, Kemenkes Intervensi Faskes di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI akan mendukung pengadaan fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Malaka. Pempus akan memperhatikan Malaka dibidang kesehatan karena termasuk kawasan perbatasan negara, dan sudah menjadi Kebijakan Presiden Jokowi yang harus dijalankan.
Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI, dr Gita Maya kepada wartawan usai meninjau RSPP Webua di Betun, didampingi Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa bersama Direktris RSPP Betun, Frida Fahik, Jumat (27/5).

Wabup Malaka ketika berdiskusi dengan pihak Kemenkes saat meninjau RSPP Betun.

Wabup Malaka ketika berdiskusi dengan pihak Kemenkes saat meninjau RSPP Betun.

“Kunjungan ini sebagai penjabaran Kebijakan Presiden RI, supaya fokus membangun di kawasan perbatasan negara. Malaka masuk dalam kawasan perbatasan negara yang harus diperhatikan pemerintah pusat. Dari Maping Indonesia, Kabupaten Malaka termasuk salah satu daerah perbatasan yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, sehingga hukumnya wajib untuk diperhatikan dan diintervensi,” sebutnya.

“Kita akan melihat fasilitas kesehatan yang ada di wilayah perbatasan yang perlu intervensi, terutama pada rumah sakit dan puskesmas di wilayah perbatasan. Kita akan mendukung faskes dan juga ingin melihat komitmen pemerintah untuk membangun dibidang kesehatan,” tutur dia.

“Pengelolaan faskes harus berkaitan dengan peningkatan mutu. Mutu pelayanan harus ditingkatkan dan persoalan kebersihan dan tata kelola juga harus bermutu dan berkualitas. Kita jangan hanya berpikir bagaimana mengobati pasien, tetapi juga setelah sehat kita juga tetap mendorong masyarakat supaya tetap hidup sehat. Kita harus menyediakan informasi supaya masyarakat tetap sehat. Itu tanggung jawab kita semua dan bukan hanya dari dinas kesehatan tetapi harus dari lintas sektor,” tuturnya. (boni)

Baca Juga :   ETMC 2017 di Kabupaten Ende
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top