RAGAM

Diwariskan Nenek Moyang, Semangat Gotong Royong Harus Dilestarikan

BETUN, Kilastimor.com-Semangat gotong royong merupakan modal sosial yang harus dilestarikan oleh semua warga. Sadar atau tidak, semangat itu sudah ada semenjak adanya peradaban manusia termasuk di Malaka. Kearifan sosial seperti saling membantu dalam hajatan kemasyarakatan sudah ada dan membumi. Semua pihak saat ini hanya meneruskannya dan melestarikannya sesuai situasi dan kondisi kita saat ini.
Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu saat membuka pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong di Kobalima Timur, Selasa (24/5).

Bupati Malaka memukul gong tanda bulan Gotong Royong dimulai di Malaka.

Bupati Malaka memukul gong tanda bulan Gotong Royong dimulai di Malaka.

“Kegiatan hari ini mengingatkan kembali kita akan kekayaan yang kita miliki yakni semangat gotong royong. Perjuangan bangsa ini untuk merdeka hanya dengan semangat gotong royong. Tugas kita mengisi kemerdekaan itu dan melestarikan semangat gotong royong itu supaya rakyat hidup sejahtera,” katanya.

Modal sosial yakni gotong royong sudah diwariskan nenek moyang kita secara turun temurun dalam hajatan-hajatan di masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari hajatan di masyarakat seperti perkawinan, kematian atau berkebun dan lainnya. Semangat kegotongroyongan ini harus dibangun bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Tidak boleh ada perkelahian, permusuhan tetapi yang perlu dibangun adalah kedamaian ditengah masyarakat.

“Dalam bekerja kita perlu menyemangati semangat petani. Idola saya adalah petani sawah. Mereka kerja pasti basah kena air, lumpur, badan kotor dan kena sinar matahari namun semangatnya tetap membara. Petani biasanya kerja pagi hari walau belum tentu tiga bulan kedepan akan panen, namun semangat kerjanya luar biasa. Kita harus malu dan banyak belajar dari semangatnya petani,” pungkas mantan Kadis Kesehatan NTT itu. (boni)

Baca Juga :   Laiskodat: Viktor Manek Pj. Bupati Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top